Sumarsono Lantik Roring sebagai Penjabat Walikota Manado

Reporter : | 08 Des, 2015 - 9:43 pm WITA

 Ir. Roy Oktavian Roring, Penjabat Walikota Manado, Walikota Manado,

Ir. Roy Oktavian Roring, M.Si saat dilantik sebagai Penjabat Walikota Manado

SULUT, (manadotoday.co.id) – Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sumarsono, MDM, melantik Kepala Bappeda Provinsi Sulut Ir. Roy Oktavian Roring, M.Si, sebagai Penjabat Walikota Manado, di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Selasa (8/12/2015).

Pelantikan berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor: 131.71-6119 Tahun 2015 tanggal 7 Desember 2015 tentang Pemberhentian Walikota dan Wakil Walikota dan Pengangkatan Penjabat Walikota Manado di Provinsi Sulawesi Utara yang telah dibacakan oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dr. Jemmy S. Kumendong, M.Si.

“Guna menghindari kekosongan kepemimpinan dan untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan pemerintahan di Kota Manado, mengingat masa jabatan Walikota Vecky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan periode 2010 – 2015 berakhir 8 Desember 2015, maka saya atas nama Mendagri melantik Saudara Roy Roring sebagai Penjabat Walikota Manado,” jelas Sumarsono.

Dia katakan, Roring segera action karena pada Rabu 9 Desember 2015, merupakan pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado sekaligus pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut secara serentak, yang diharapkan bisa berlangsung sukses aman dan lancar.

Selain itu Gubernur juga berharap Roring mampu membangun sinergitas dengan Legislatif teruma penyelesaian Kebijakan Umum Anggaran Plafon Penyediaan Anggaran Sementara (KUA-PPAS), Penetapan APBD 2016 termasuk membangun sinergitas dengan unsur Forkompinda Kota Manado.

“Perlu pula saya ingatkan agar kekompakan jajaran birokrasi sebagai tim kerja perlu dijaga, tidak ada blok-blok pejabat. Jajaran birokrasi juga harus dipacu untuk tampil menjadi contoh dan teladan kehidupan bermasyarakat yang mengedepankan kesederhanaan rasa cinta kasih dan integritas,” ujar Dirjen Otda Kemendagri RI ini.

Penjabat walikota kemudian diberikan kewenangan sepenuhnya oleh konstitusi untuk mengevaluasi kinerja jajaran birokras termasuk melakukan mutasi jika diperlukan. Terkait dengan dukungan Kota Manado terhadap Program Visit North Sulawesi “Mari Jo Ka Manado”, Roring kiranya segera menyiapkan Crash Program Daerah melalui pembenahan infrastruktur dalam kota terutama menuju objek wisat, segera dibenahi pasar tradisional untuk mempermudah pengunjung dan wisatawan berbelanja, dan senantiasa menjaga lingkungan kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

Disamping itu mengajak masyarakat Kota Manado untuk Welcome dalam menyambut kunjungan wisatawan dari luar daerah. Pada pelantikan itu, dilakukan pula serah terima jabatan Penjabat Walikota Manado dari Vecky Lumentut kepada Roy Roring.

Turut hadir Sekretaris Provinsi Sulut, Ketua TP-PKK Sulut Ny. Dra. Tri Rachayu Sumarsono, Mantan Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Sulut Ny. Deetje Laoh-Tambuwun dan Ny. Mieke Kasil-Tatengkeng, Perwakilan Unsur Forkompinda Sulut, Pejabat Teras Pemprov Sulut, Unsur Forkopimda Kota Manado, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Manado, serta pejabat teras Pemkot Manado. (ton)

Baca Juga :

1 comment

  1. harly makarawung mengatakan:

    semoga dgn pergantian pejabat ini manado lebih baik lagi supaya menarik minat juga para wisatawan dari luar daerah,semoga bapak pejabat walikota juga harus selalu tanggap dgn apa yg menjadi preoritas kebutuhan masyarakat manado khususnya.selapat pak Roy God bless you.

Leave a comment