Ini 10 ‘Keajaiban’ yang Bisa Dilakukan Pisang Bagi Kesehatan Anda

Reporter : | 08 Des, 2015 - 9:38 pm WITA

Pisang , manfaat pisang

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Sukrosa, fruktosa, dan glukosa adalah tiga jenis gula yang terkandung dalam pisang. Karena itu, buah ini dapat meningkatkan energi dalam tubuh, bahkan, dengan hanya dua buah pisang, Anda sudah mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas fisik berat selama 90 menit.

Selain itu, pisang yang juga kaya akan serat dan dapat mencegah serta menyembuhkan sejumlah penyakit, diantaranya dibawah ini:

1. Depresi
Orang yang menderita depresi akan merasa lebih baik setelah mengkonsumsi pisang. Alasannya karena tryptophan, sejenis protein yang terkandung dalam pisang yang diubah tubuh menjadi serotonin, zat yang dapat membuat Anda merasa santai, meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih bahagia.

2. Tekanan darah
Buah tropis ini sangat baik dalam memerangi tekanan darah karena kaya akan kalium dan memiliki kandungan garam rendah.

3. Anemia
Karena pisang kaya akan zat besi, buah ini mendorong produksi hemoglobin dalam darah dan dengan demikian sangat berguna untuk penderita anemia.

4. Daya kerja otak
Buah ini mengandung kalium yang membantu pembelajaran dengan membuat siswa lebih sigap dalam mencerna pelajaran. 200 siswa di sebuah sekolah di Inggris memasukan pisang dalam sarapan, dan makan siang untuk meningkatkan kekuatan otak mereka.

5. Sembelit
Pisang dapat membuat usus kembali normal dan membantu mengatasi sembelit tanpa menggukana obat pencahar. Ini dikarenakan pisang kaya akan serat.

6. PMS
Vitamin B6 dalam pisang dapat mengontrol tingkat glukosa darah, yang mempengaruhi suasana hati Anda.

7. Sakit perut
Jika Anda berurusan dengan sakit maag, makan pisang untuk meredakan rasa sakit. Pisang akan membantu Anda karena mereka memiliki efek antasid pada tubuh.

8. Gigitan nyamuk
Bukannya menerapkan krim pada bekas gigitan nyamuk, cobalah untuk menggosok daerah yang terkena dengan bagian dalam kulit pisang.

9. Mabuk
Siapkan milkshake pisang dan tambahkan beberapa madu. Resep ini dapat dengan cepat menyembuhkan mabuk. Buah pisang meredakan perut sementara madu meningkatkan kadar gula darah rendah, sedangkan susu mengembalikan  cairan dalam tubuh.

10. Tukak lambung
Buah tropis ini digunakan untuk merawat gangguan usus karena teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini juga mengurangi tingkat keasaman dalam usus dan meredakan iritasi dengan melapisi bagian dalam perut.

Seperti yang Anda lihat, pisang merupakan obat alami untuk berbagai penyakit. Dibandingkan dengan apel, pisang memiliki protein empat kali lebih banyak, dua kali karbohidrat, tiga kali lipat fosfor serta lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali vitamin dan mineral lainnya. Pisang juga memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Baca Juga :

Leave a comment