Ini Material Paling Mahal di Bumi, Per Gramnya Lebih Dari Rp 2 Triliun!!

Reporter : | 07 Des, 2015 - 4:56 pm WITA

ullerene endohedral, jam atom, Universitas Oxford,

(foto: Telegraph)

MANADOTODAY – Material paling mahal di Bumi sedang dibuat di laboratorium Universitas Oxford, harganya capai lebih dari Rp 2 triliun per gram!!.

Designer Carbon Materials, yang telah bekerjasama dengan universitas tahun lalu, telah menghasilkan “fullerene endohedral”, sangkar atom karbon yang mengandung atom nitrogen.

Materi tersebut digunakan untuk membuat jam atom kecil dan portabel – sistem waktu yang paling akurat di dunia – dan bisa membuat navigasi GPS pada mobil akurat hingga 1mm.

Dr Kyriakos Porfyrakis, 45, pendiri dan ilmuwan nanomaterials, telah bekerja untuk memproduksi materi tersebut sejak tahun 2001.

“Bayangkan sebuah jam atom mini terpasang di smartphone Anda,” katanya dikutip dari Telegraph, Senin (07/12/2015). “Ini adalah revolusi berikutnya untuk ponsel.” tambahnya.

Designer Carbon Materials baru-baru ini menjual 200 microgram pertama dari material seharga lebih dari Rp 450 juta. Oxford Technology telah berinvestasi sebesar lebih dari Rp 1,5 miliar bersama dengan Universitas Oxford dengan nominal yang sama tahun lalu.

“Ukuran jam atom saat ini adalah sebesar satu ruangan,” kata Lucius Cary, direktur pendanaan Oxford Technology SEIS, yang sekarang memegang saham minoritas. “Fullerene endohedral dapat membuatnya (jam atom) masuk dalam sebuah chip yang bisa dipasang di ponsel Anda.

“Akan ada banyak aplikasi yang dapat dibuat dengan teknologi ini,” tambahnya.

Baca Juga :

Leave a comment