Ini Tipe Polusi Udara yang Sangat Berbahaya Untuk Kesehatan

Reporter : | 04 Des, 2015 - 3:03 pm WITA

Polusi Udara, pembakaran batubara,

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Partikel polusi udara hasil pembakaran batubara jauh lebih berbahaya bagi kesehatan dibandingkan polusi dari sumber lain, sebuah studi baru menunjukkan.

Peneliti menganalisa data yang dikumpulkan dari 450.000 orang di 100 kota di Amerika Serikat antara tahun 1982 dan 2004. Tim dari NYU Langone Medical Center, di New York City, menemukan bahwa paparan partikel kecil dalam emisi bahan bakar fosil berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Bahan bakar fosil termasuk batubara, minyak mentah dan gas alam.

Para peneliti menemukan bahwa -pound dari pound- partikel pembakaran batubara berkontribusi sekitar lima kali lebih banyak untuk risiko kematian akibat penyakit jantung dibandingkan partikel polusi udara lainnya dengan ukuran yang sama, kurang dari sepersepuluh ribu inci diameter (dikenal sebagai PM 2,5).

Penemuan ini dipublikasikan secara online pada 2 Desember di jurnal Environmental Health Perspectives, seiring dengan berkumpulnya para pemimpin dunia di Paris untuk Konferensi Perubahan Iklim PBB. Delegasi akan mempertimbangkan berbagai cara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Gas rumah kaca memerangkap panas dan membuat planet ini lebih hangat, menurut US Environmental Protection Agency. Sumber terbesar emisi gas rumah kaca di Amerika Serikat adalah dari pembakaran bahan bakar fosil untuk listrik, pemanas dan transportasi.

Polusi udara membunuh sekitar 3 juta orang di seluruh dunia setiap tahun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Emisi batubara adalah faktor utama dalam krisis kesehatan masyarakat saat ini, kata penulis penelitian dikutip dari Health.com. Emisi ini harus dikurangi untuk menurunkan jumlah kematian yang disebabkan oleh polusi udara, kata para peneliti.

Para peneliti juga menemukan bahwa partikel PM 2,5 dari tanah yang tertiup angin dan pembakaran kayu dan biomassa lainnya, juga signifikan dalam hal risiko kematian akibat penyakit jantung.

Baca Juga :

Leave a comment