Berhenti Mengkonsumsi Kunyit Jika Anda Mengalami Satu dari Enam Kondisi Ini!!

Reporter : | 03 Des, 2015 - 11:24 pm WITA

Kunyit , bahaya Kunyit ,

Kunyit (foto: pixabay)

MANADOTODAY – Kunyit merupakan tanaman luarbiasa yang mampu membuat Anda sehat karena mengandung kurkumin yang adalah senyawa antioksidan dan antiiflamasi kuat. Kunyit juga kerap kali digunakan sebagai bumbu masakan dan pemberi warna kuning alami.

Karena manfaatnya yang begitu besar, kita mungkin berpikir kunyit tidak berbahaya, namun dalam beberapa kasus, kunyit dapat menimbulkan efek samping yang cukup besar. Berikut adalah kondisi-kondisi di mana Anda seharusnya menghindari kunyit dikutip dari fitbodycenter.com.

1. Wanita hamil atau menyusui

Untuk wanita hamil menyusui, kunyit tidak aman dikonsumsi melalui mulut dalam jumlah banyak. Ini juga tidak aman jika dikonsumsi selama hamil, karena dapat menempatkan kehamilan dalam resiko dengan mendukung periode menstruasi atau merangsang rahim.

Ini mungkin juga mengurangi kesuburan. Jadi jika Anda mencoba untuk memiliki bayi, gunakan kunyit dengan hati-hati.

2. Orang yang berurusan dengan batu empedu

Studi menyatakan bahwa kunyit dapat menyebabkan rasa sakit kandung empedu pada orang yang menderita batu empedu. Hindari juga Anda mengalami kondisi ini. Namun, kurkumin melindungi fungsi hati dan mencegah batu empedu dengan bertindak sebagai agen cholecystokinetic, memperlancar fungsi kantong empedu dengan menjaga empedu agar tidak tersendat.

3. Orang dengan obstruksi saluran empedu

Kurkumin yang ditemukan dalam kunyit sangat membantu dalam mengosongan kandung empedu dan dengan demikian mengurangi risiko batu empedu dan risiko kanker kandung empedu. Tetapi orang-orang yang menderita obstruksi saluran empedu harus berhati-hati dalam mengkonsumsi Kurkumin!

4. Orang yang memiliki batu ginjal

Jika Anda mengkonsumsi kunyit dalam jumlah besar, Anda dapat meningkatkan risiko mengembangkan batu ginjal. Kunyit kaya akan oksalat larut, yang dapat menempel pada kalsium dan menciptakan kalsium oksalat yang tidak larut, yang bertanggung jawab untuk sekitar 75% dari semua kasus batu ginjal

Seseorang dengan kecenderungan untuk membentuk batu ginjal harus berhati-hati dengan kunyit. Mereka harus membatasi pengkonsumsian oksalat kurang dari 50 mg per hari.

5. Orang dengan diabetes

Kunyit menurunkan gula darah, sehingga penderita diabetes mengalami penurunan gula darah jika mengkonsumsinya. Mereka masih dapat mengkonsumsinya, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil dan dengan hati-hati.

6. Orang-orang yang akan dioperasi

Jika Anda akan dioperasi, berhenti mengkonsumsi kunyit minimal 2 minggu sebelum dioperasi. Hal ini dikarenakan kunyit mungkin memperlambat pembekuan darah dan menyebabkan perdarahan tambahan selama dan setelah operasi.

Baca Juga :

Leave a comment