Mengkonsumsi Minuman atau Permen Bebas Gula Tetap Dapat Merusak Gigi

Reporter : | 03 Des, 2015 - 9:34 pm WITA

Gigi, Permen Bebas Gula , kerusakan gigi

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Semua produk bebas gula temasuk minuman bersoda, dan permen tetap dapat merusak gigi Anda, sebuah studi memperingatkan.

Peneliti Australia menguji 23 produk bebas gula dan mengandung gula, termasuk minuman ringan dan minuman energi, dan menemukan bahwa beberapa dengan aditif asam dan tingkat pH rendah (ukuran keasaman) dapat membahayakan gigi, bahkan jika bebas gula.

“Banyak orang tidak menyadari bahwa meskipun mengurangi asupan gula, risiko kerusakan gigi tidak akan berkurang, kandungan kimia asam pada beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan kondisi yang merusak gigi,” kata Profesor Eric Reynolds, CEO dari Oral Health Cooperative Research Center di Universitas Melbourne dikutip dari Webmd.com.

Erosi gigi terjadi ketika asam mengikis jaringan keras gigi. “Pada erosi tahap awal, lapisan permukaan enamel gigi hilang. Jika berkembang ke stadium lanjut, dapat mencapai pulpa dalam gigi,” jelasnya dalam rilis berita universitas.

Reynolds dan rekan-rekannya menemukan bahwa sebagian besar minuman ringan dan minuman energi menyebabkan enamel gigi melunak antara 30 persen sampai 50 persen.

Dari delapan minuman energi yang diuji, enam menyebabkan hilangnya enamel gigi. Para peneliti juga menemukan bahwa banyak permen bebas gula mengandung asam sitrat dengan kadar yang tinggi dan dapat mengikis enamel gigi.

Hanya karena itu bebas gula, tidak berarti itu aman untuk gigi, kata Reynolds.

Reynolds menawarkan beberapa tips untuk membantu Anda melindungi gigi. Periksa label produk untuk mencari asam aditif, asam sitrat dan terutama asam fosfat. Minum lebih banyak air (sebaiknya fluoride) dan lebih sedikit minuman ringan dan minuman energi. Dan terkakhir, setelah mengkonsumsi makanan asam atau minuman, bilas mulut Anda dengan air dan tunggu satu jam sebelum menggosok gigi. Menyikat gigi dengan segera dapat menghilangkan enamel yang melunak, katanya.

Baca Juga :

Leave a comment