Kemenpan-RB Bekali Pemkot Tomohon Inovasi Pelayanan Publik

Reporter : | 03 Des, 2015 - 10:17 pm WITA

Kemenpan-RB, Mirawati Sudjono Ak MScTOMOHON, (manadotoday.co.id) – Jajaran Pemerintah Kota Tomohon Kamis (3/12/2015) memperoleh pembekalan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang dilaksanakan di Aula Lantai III Kantor Walikota Tomohon Kamis (3/12/2015).

Tampil sebagai pemateri Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Mirawati Sudjono Ak MSc CFrA CA. Kehadirannya memotivasi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam arahan dan sosialisasi tersebut, Deputi Srikandi ini mengemukakan kondisi Indonesia saat ini yang memiliki tiga masalah besar dalam pembangunan yakni Birokrasi, Korupsi dan Infrastruktur. Di mana birokrasi saat ini masih gemuk, lamban dan belum professional, belum mampu memberikan pelayanan prima pada masyarakat dan investor. Begitu juga dengan penyelewengan dan penyalahgunaan keuangan negara di berbagai instansi pemerintah lingkup aparat penegak hukum.

”Hal ini berdasarkan hasil survey di mana bidang infrastruktur yang masih kurang memadai diakibatkan kurangnya anggaran negara untuk pembangunan dan pemeliharaan,” katanya.

Oleh karena itu, program reformasi dan birokrasi dalam rangka pelayanan prima membutuhkan budaya kerja yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku melalui tata laksana, kelembagaan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Metode Pengawasan serta Akuntabilitas.

”Semuanya bermuara pada aparatur penyelenggara pemerintahan, yang ditunjang oleh kondisi lingkungan dan persaingan global, reformasi bidang hukum, politik, demokrasi, ekonomi dan teknologi informasi dan komunikasi yang akan bermuara pada kepuasan publik,” tandasnya.

Hadirnya reformasi birokrasi mengarah pada pola kerja dan hasil keluaran dari suatu kegiatan yang berdampak positif bagi seluruh masyarakat seperti melayani, berorientasi hasil, menjemput bola, kompeten dan sederhana seperti yang diamananatkan dalam Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Prima.

Selanjutnya hasil yang diharapkan dalam program reformasi birokrasi dalam rangka peningkatan pelayanan publik adalah meningkatnya investasi (Pro-Growt), meningkatnya Kesempatan Kerja (Pro-Job) dan Pendapatan Naik (Pro-Poor). Melalui capaian ini tentu akan menigkatkan kepuasan masyarakat seiring harapan pemerintah dan harapan bersama.

Sebelum pelaksanaan kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR Drs Arnold Poli SH MAP telah memberikan arahan pada saat apel bersama. Ia mengingatkan kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon untuk bersama-sama menyelesaikan program dan kegiatan di tahun 2015 yang tinggal membilang hari.

Poli juga mengingatkan para PNS untuk menyukseskan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan mempersiapkan program kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2016 nanti. Kegiatan ini dihadiri Para Asisten dan seluruh pejabat dari eselon II, III, IV dan staf pelaksana. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment