Seniman Cina Buat Batu Bata Dari Polusi Udara yang Dia Kumpulkan Dengan Vacuum Cleaner

Reporter : | 01 Des, 2015 - 7:36 pm WITA

 Nut Brother,  Polusi Udara , Beijing

(foto: NUT BROTHER’S WEIBO)

MANADOTODAY – Seorang seniman Cina menghabiskan 100 hari berjalan-jalan di Beijing membawa vacuum cleaner, dan membuat batu bata yang terbuat dari polusi udara yang sudah sangat parah di kota tersebut.

Seniman, yang menyebut dirinya sebagi Nut Brother berjalan jalan-jalan di kota selama sekitar empat jam setiap hari, mendorong vacuum cleaner 1.000 watt.

Dan dia membuat batu bata dari debu dan asap yang dikumpulkan dengan vacuum cleaner. Pada hari Senin, bata itu dibuat di sebuah pabrik batu bata, dengan mencampur ‘polusi’ dengan tanah liat.

Beberapa komentator di akun Weibo Nut Brother mengkritik dia karena mencampur debu dengan tanah liat, mengatakan bahwa itu melebih-lebihkan jumlah debu yang dikumpulkan. Tapi, karyanya mendapat perhatian di berbagai media lokal, yang memuji pesan di balik proyek tersebut.

Proyeknya, katanya dikutip dari mashable.com: “Pada hari kita menghabiskan semua sumber daya bumi, kita merubah diri kita menjadi debu.”

Proyek Nut Brother sangat tepat waktu, mengingat bahwa Beijing pada Senin telah meningkatkan level peringatan waspada polusi udara ke “oranye” – tertinggi dalam 13 bulan terakhir. Beijing telah menderita dari polusi udara selama bertahun-tahun, sebagian besar karena pembakaran batubara besar di kota-kota industri di Utara. Diperkirakan 4.000 orang meninggal setiap hari karena polusi udara, fisikawan mengatakan.

Baca Juga :

Leave a comment