Anak Sering Gelisah atau Cemas? Miliki Anjing Dirumah Dapat Membantu Anda

Reporter : | 01 Des, 2015 - 6:56 pm WITA

MANADOTODAY – Menjalin persahabatan dengan anjing dapat menurunkan tingkat kecemasan anak, sebuah studi baru menunjukkan.

Para peneliti meneliti hampir 650 anak-anak berusia 18 bulan dan lebih tua yang diskrining untuk kegelisahan/kecemasan. Dari anak-anak itu, 58 persen memiliki anjing peliharaan di rumah.

Hanya 12 persen anak-anak yang berteman dengan anjing dinyatakan positif kecemasan, dibandingkan dengan 21 persen dari mereka yang tidak memiliki anjing, para peneliti di Bassett Medical Center di Cooperstown, NY, menemukan seperti dilansir dari Webmd.com.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Preventing Chronic Disease.

Memiliki anjing dapat mengurangi kecemasan anak, terutama kecemasan sosial dan penyendiri, dengan sejumlah cara, seperti memicu percakapan dan membantu menghilangkan kegugupan saat bertemu orang-orang baru, para peneliti menyarankan. Namun, studi ini tidak membuktikan hubungan sebab-akibat antara anjing dan tingkat kecemasan yang lebih rendah pada anak-anak.

“Berinteraksi dengan anjing yang ramah juga mengurangi tingkat kortisol, kemungkinan besar melalui pelepasan oksitosin, yang mengurangi respon fisiologis terhadap stres,” tulis para peneliti.

Baca Juga :

Leave a comment