Bupati Mitra: Budayakan Pola Hidup Sehat dan Prioritaskan Masalah Kesehatan

Reporter : | 01 Des, 2015 - 11:08 am WITA

Hari Kesehatan Nasional ,  James Sumendap SH ,RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH mengajak masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat dan memprioritaskan masalah kesehatan. Hal ini disampaikannya pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), Senin (30/11/2015), di Auditorium Kantor Bupati.

Menurutnya, HKN Ke-51 di Kabupaten Mitra ini, merupakan momentum untuk memaknai pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat dan juga perlu mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat dan memberikan tanggung jawab menjaga hidup sehat.

“Karena sehat itu mulai dari diri kita sendiri. Budayakan pola hidup sehat dan prioritaskan masalah kesehatan,” kata Sumendap.

Prioritas untuk mendukung pembangunan di bidang kesehatan, menjadi perhatian serius orang nomor satu di Mitra ini. Di mana, tahun 2016 mendatang telah dianggarkan pembangunan renovasi Puskesmas di 4 kecamatan dan khusus Puskesmas Ratahan akan dibangun 2 lantai.

”Sarana air bersih juga menjadi prioritas tahun depan,” tandas Sumendap.

Pada kesempatan itu Bupati Sumendap menyerahkan penghargaan kesehatan di antaranya kepada tenaga medis teladan, tenaga kesehatan masyarakat teladan, tenaga paramedis teladan, tenaga kesehatan gizi teladan serta beberapa penghargaan bagi penggiat kesehatan Mitra dan juga penyerahan hadiah lomba dalam rangka HKN ke 51 di Mitra.

Sebelumnya, dalam pelaporan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra, dr Rini Tamuntuan, menyampaikan bahwa telah memulai rangkaian kegiatan dalam rangka memperingari HKN ke-51, dengan acara pembukaan kegiatan pada 6 November 2015 lalu.

Berbagai kegiatan seperti senam zumba, pemilihan tenaga kesehatan teladan Puskesmas se-Kabupaten Mitra, pertandingan bola volly antar Puskesmas, lomba penyuluhan tentang penanganan rabies dan pengisian kartu menuju sehat bagi kader, serta lomba balita. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment