Tim Ahli Enam Negara APEC APERC LCMT Temui Sumarsono

Reporter : | 30 Nov, 2015 - 7:13 pm WITA

APEC APERC LCMT, Asia Pasific Economic Community, Asa Pacific Energy , Yacoba Ruru

Kunjungan tim ahli Negara APEC APERC LCMT di Gubernuran Bumi Beringin Manado

SULUT, (manadotoday.co.id) – Tim ahli dari enam negara yang tergabung dalam Asia Pasific Economic Community Asa Pacific Energy Reseaec Center Low Carbon Model Town (APEC APERC LCMT), temui Penjabat Gunbernur Sulut DR. Sumarsono MDM, Senin (30/11/2015).

Presiden APERC Mr. Takato Ojimmi menyatakan, tujuan kunjungan kunjungan ini dalam rangka, melaporkan soal pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK ) Bitung sebagai percontohan kota model rendah carbon di Indonesia.

Kunjungan tim tersebut, didampingi Sekretaris Bappeda Sulut Ir Randy Rompas, Peneliti Madya Bidang Pembangunan Berkelanjutan di Bappeda Sulut Yacoba Ruru, dan Kepala Subid SDM Bappeda Sulut.

“Besok tim akan mengunjungi Area KEK bitung dan berdiskusi serta melihat langsung kesiapan pemerintah dan masyarakat kota bitung dalam menerapkan prinsip-prinsip kota model rendah karbon serta upaya untuk mendukung dan menyukseskan mitigasi perubahan iklim di indonesia dan propinsi Sulut pada umumnya,” ujar Rompas.

Sementara itu, Sumarsono pada kesempatan itu menyambut baik kunjungan LCMT ke sulut, serta berterima kasih di pilihnya kota bitung sebagai rendah karbon.

“Semua ini bisa terjadi karena adanya kerjasama yang naik selama ini antara Pemkot Bitung, APERC dan Pemprov Sulut,” ujar Sumarsono.

Ia menyebutkan lagi, kaitannya dengan Dewan KEK Manado-Bitung untuk menginventarisasi para investor yang akan masuk di KEK sehingga produksinya akan rendah karbon.

Sementara Yacoba Ruru menambahkan, para tamdari En negara Expert tersebut, yaitu Dr Nuwong Chollacoop dari Thailand, Dr Nailia Segisova Rusia, Mr Christopher Cruz de la Cruz, CBP, CBA UAP Philiina, Ms Lis Halsted New Zealand, Mr Inchul Hwang Republic of Korea dan Mr Paul Nagle dari Australia.

Hadir juga pada pertemuan yang digelar di rumah dinas Gubernur di Bumi Beringin Manado itu, empat peneluti senior dari sekretatiat APERC Jepang. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment