Masih Banyak yang Tidak Tau, Ini 5 Fakta Tentang Virus HIV

Reporter : | 18 Nov, 2015 - 5:22 pm WITA

MANADOTODAY – HIV (human immunodeficiency virus) merupakan adalah salah satu penyakit yang pastinya tidak akan pernah Anda harapkan, namun HIV tidak sama dengan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). AIDS adalah tahap terakhir dari infeksi HIV (ditandai dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah), dan tidak semua orang dengan HIV akan mengembangkan AIDS.

Itu hanya salah satu kesalahpahaman orang tentang HIV.

“Banyak mitos yang ada di luar sana,” kata James Kublin, MD, direktur eksekutif HIV Vaccine Trials Network (HVTN). Berikut adalah enam hal yang harus Anda tahu tentang HIV.

1. Kekhawatiran tinggi akan HIV / AIDS

Kekhawatiran kita sebenarnya sudah berada pada titik rendah. Satu penjelasan yang mungkin: Sudah banyak kemajuan tentang bagaimana kita melawan HIV. Sejak ditemukan virus dan hubungan ke AIDS pada 1980-an, orang-orang dengan HIV hidup lebih lama, hidup sehat.

Tiga puluh tahun yang lalu, memperoleh virus bisa berakibat fatal dalam waktu satu tahun, kata Larry Corey, MD dikutip dari Health.com. Sekarang, orang dengan HIV dapat hidup selama 40 atau 50 tahun.

2. Kebanyakan orang dengan HIV bisa didiagnosa dengan cepat

Berikut ini adalah hal yang mengkhawatirkan: 1 dari 8 orang yang memiliki HIV tidak menyadarinya, menurut CDC. Di Amerika Serikat, orang-orang yang berusia 13 hingga 24 tahun menyumbangkan sekitar 26% dari semua infeksi HIV. Tapi 44% dari orang dewasa muda (usia 18-29) mengatakan mereka secara pribadi tidak prihatin terinfeksi HIV, menurut jajak pendapat Kaiser Family Foundation, sementara yang lain 28% mengatakan mereka tidak “terlalu khawatir.” Dan meskipun semua kemajuan dalam perawatan HIV – obat antiretroviral, kondom dan terapi perilaku, jika seseorang tidak tahu bahwa mereka memiliki virus, mereka dapat menularkannya kepada orang lain, kata Dr Corey.

3. Anda bisa mendapatkan HIV dari gigitan nyamuk

Mitos lama ini adalah salah satu hal tidak pernah hilang. Menurut CDC, tidak ada bukti bahwa seseorang bisa tertular HIV dari nyamuk. “Virus ini tidak bertahan di nyamuk, dan tidak bertahan di ludah,” kata Dr Kublin.

4. Anda terjangkit HIV jika berbagi gelas saat minum

Sekitar 1 dari 4 orang Amerika percaya bahwa Anda dapat tertular HIV hanya dengan berbagi gelas, menurut jajak pendapat Kaiser Family Foundation. 17% percaya bisa mendapatkan HIV dari menyentuh toilet duduk.

Sebagai catatan: HIV terutama ditularkan melalui hubungan badan, berbagi jarum suntik, menurut CDC.

5. HIV adalah penyakit pria

Ada 1 dari 5 wanita yang terinfeksi HIV setiap tahun. Pria sesama jenis menyumbangkan 63% dari semua infeksi baru, tapi 84% perempuan yang tertular HIV diperkirakan mendapatkan virus setelah melakukan hubungan dengan pria, sementara yang lain 16% memperolehnya dari berbagi jarum untuk penggunaan narkoba.

Baca Juga :

Leave a comment