Humas Pemkot Tomohon Ikut Bakohumas Nasional 2015 di Surabaya

Reporter : | 17 Nov, 2015 - 10:12 pm WITA

SURABAYA, (manadotoday.co.id)—Bertempat di Dyandra Convention Center Surabaya Provinsi Jawa Timur, Selasa (17/11/2015) hari ini Humas Pemkot Tomohon mengikuti Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) tahun 2015 RI.

Tema yang diangkat kali ini adalah”Pelaksanaan Government Public Relation (GPR) melalui Humas dan Komunitas Menuju Percepatan Revolusi Mental untuk Indonesia Hebat”.

Sesuai dengan Instruksi Presiden Presiden RI Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik yang telah mengamanatkan bahwa dalam rangka menunjang keberhasilan Kabinet Kerja, menyerap aspirasi publik dan mempercepat penyampaian informasi tentang kebijakan dan program pemerintah kepada para Menteri Kabinet Kerja, Sekretaris Kabinet, Kepolisian Negara RI, Jaksa Agung, Panglima TNI, Badan Intelijen Negara, Kepala Lembaga Pemerintah non Kementerian, para Gubernur dan Bupati/Walikota.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Prof Dr H Yuddy Crisnandi ME pada acara Pembukaan Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional Tahun 2015 mengharapkan kepada Bakohumas di seluruh Indonesia agar dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat dibuat dalam bentuk iklan layanan masyarakat yang memenuhi persyaratan.

Yaitu menimbulkan respon positif masyarakat dan tidak menayangkan kepentingan pribadi maupun golongan. Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya Bakohumas harus mampu berperan sebagai garda terdepan dalam Gerakan Nasional Reformasi Mental.

‘’Untuk itu harus mengetahui, memahami dan menumbuh kembangkan nilai nilai reformasi mental dalam tugas kehumasan dan kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai reformasi mental yakni nilai integritas, etos kerja dan gotong royong harus terus dikembangkan,’’ kata Yuddy.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informasi RI Rudiantara dalam sambutannya yang disampaikan melalui teleconference mengatakan bahwa tantangan kehumasan ke depan jauh lebih berat.

Disamping karena keterbatasan SDM dan perkembangan teknologi yang cukup pesat yang bergeser dari cetak, elektronik dan sekarang ke online. Oleh karena itu Kominfo membuat suatu program untuk menjawab perkembangan jaman.

Rencananya akan mengadakan pelatihan intensif untuk meningkatkan kemampuan pranata humas kementerian/lembaga pada tahun 2016. Sehingga pranata Humas mampu mengkomunikasikan kebutuhan informasi bagi masyarakat.

Mantan Chief Operating Officer PT Telkom ini juga berharap semoga pertemuan Bakohumas ini bermanfaat bagi peserta khususnya dalam mengemban tugas sebagai pranata kehumasan di instansinya masing masing.

‘’Pertemuan Bakohumas dan Komunitas Nasional Tahun 2015 diikuti oleh seluruh Kementerian/Lembaga juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi, para Kepala Bagian Humas yang ada di Indonesia,’’ kata Kasubag Humas Setdakot Tomohon Djufry Rorong SSos yang mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut tambah Rorong akan berlangsung 17-19 November 2015.

Turut mendampingi Menpan yakni Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifulloh Yusuf, Tenaga Asistensi Menkominfo Bidang Komunikasi Publik Freddy H.Tulung, Direktur Komunikasi Publik Tulus Subardjono, Direktur Pengelolaan dan Penyediaan Informasi Siti Meiningsih.

Hadir juga Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Drs Dodi Riyadmadji MM berserta para pemateri berasal dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan (Pokja Revlolusi Mental) Yudy Latif membawakan materi Peran Humas Dalam Mendukung Revolusi Mental, Staf Khusus Kepala Staf Presiden Chrisma Aryani Albandjar membawakan materi Peran Kolaborasi Humas untuk Mendukung Komunikasi Pemerintah serta pemateri dari Otoritas Jasa Keuangan Dr Kusumaningtuti S Soetiona SH LLM dengan materi Peran Pemerintah Daerah dalam Pengawasan Investasi Ilegal. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment