Tiga Sampai Lima Cangkir Kopi Tiap Hari Bisa Buat Anda Panjang Umur

Reporter : | 17 Nov, 2015 - 8:40 pm WITA

MANADOTODAY – Minum 3-5 cangkir kopi setiap hari dapat dapat membuat Anda hidup lebih lama, menurut penelitian baru.

Konsumsi kopi moderat mengurangi resiko kematian dini akibat penyakit jantung, kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson, dan diabetes tipe 2, ilmuwan menemukan.

Ini juga tampaknya menurunkan risiko bunuh diri – tapi tidak ada hubungan yang terlihat dengan tingkat kematian akibat kanker.

Pemimpin peneliti Ming Ding, dari Harvard TH Chan School of Public Health di AS, mengatakan dikutip dari Telegraph.co.uk: “Senyawa bioaktif dalam kopi mengurangi resistensi insulin dan peradangan sistematis. Itu bisa menjelaskan beberapa temuan kami. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki mekanisme biologi yang memproduksi efek ini. ”

Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, berasal dari analisis yang dikumpulkan dari tiga studi besar dengan total 208.501 peserta pria dan wanita.

Peminum kopi dinilai menggunakan kuesioner makanan setiap empat tahun selama sekitar 30 tahun.

Dibandingkan dengan orang-orang yang kurang atau tidak ada meminum kopi, pengkonsumsi kopi moderat dikaitkan dengan penurunan risiko kematian yang signifikan pada berbagai penyebab.

Analisis memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil termasuk apakah merokok, indeks massa tubuh (BMI), aktivitas fisik, konsumsi alkohol dan diet.

Co-penulis Profesor Frank Hu, juga dari Harvard TH Chan School of Public Health, mengatakan: “Studi ini memberikan bukti lebih lanjut bahwa konsumsi moderat kopi dapat memberikan manfaat kesehatan dalam hal mengurangi kematian dini akibat beberapa penyakit.”

Emily Reeve, perawat jantung senior di British Heart Foundation, mengatakan: “Sangat penting untuk diingat bahwa mempertahankan gaya hidup sehat adalah yang terpenting agar jantung Anda tetap sehat, bukan berapa banyak kopi yang Anda minum.”

Baca Juga :

Leave a comment