Cuaca buruk, Pemkab Minahasa Tenggara Siaga Bencana

Reporter : | 14 Nov, 2015 - 10:10 pm WITA

Kepala BPBD Mitra Joppy Mokodaser SH

Kepala BPBD Mitra Joppy Mokodaser SH

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memberlakukan status siaga bencana terkait perubahan cuaca yang terjadi saat ini.

“Karena kondisi cuaca yang mulai memburuk dengan curah hujan yang tinggi, maka saat ini kami nyatakan untuk Minahasa Tenggara siaga bencana,” kata Kepala BPBD Kabupaten Minahasa Tenggara Joppie Mokodaser SH.

Menurutnya, dengan penetapan status siaga bencana ini, pihaknya telah menyiapkan tim khusus tanggap bencana khusus di Minahasa Tenggara.

“Jika nantinya terjadinya bencana, kita akan mengerahkan tim tanggap bencana, dengan memanfaatkan kekuatan yang ada di daerah,” ujarnya.

Selain itu kata Mokodaser, pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan.

“Termasuk dengan TNI dan Polri, termasuk juga akan berkoordinasi dengan BPBD di Kabupaten, Kota lainnya, dan Provinsi jika terjadi bencana besar ,” katanya.

Tingginya curah hujan saat ini lanjutnya, masyarakat diminta waspada dengan adanya ancaman longsor dan banjir disejumlah kecamatan.

“Makanya kami minta masyarakat dapat juga mewaspadai kondisi cuaca saat ini, termasuk menjaga lingkungan di sekitar,” tandasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment