Bupati JWS Bertindak Sebagai Irup pada Hari Pahlawan di Minahasa

Reporter : | 10 Nov, 2015 - 10:08 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Pahlawan pada Rabu (10/11) pagi di Lapangan Kantor Bupati, Tondano.

Bupati JWSBupati JWSBupati JWSBupati JWSBupati JWSUpacara yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang, Ketua DPRD James Rawung SH, Dandim 1302 Letkol CZI Moh Andy Kusuma, Kapolres Minahasa AKBP Ronald Rumondor SIK MSI, Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi, jajaran pejabat Pemkab dan diikuti oleh para peserta upacara dari unsur PNS, TNI, POLRI, Dishub, Pramuka, OSIS dan Paskibraka.

Dalam sambutan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang disampaikan Bupati JWS mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan ini dapat dijadikan sebagai cermin dan refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang terkuat dalam sila kelima Pancasila, juga sebagai momentum dalam menumbuh-kembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial.

Disebutkannya bahwa tema Hari Pahlawan tahun 2015 ini “*Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Makna tema ini adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Diharapkan Menteri Sosial agar hal ini dijadikan satu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme sebagai warga bangsa untuk dijadikan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat.

“Hari Pahlawan yang biasa kita peringati dan rayakan pada 10 November memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi bagi kita sebagai bangsa yang merdeka. Sebab kemerdekaan yang kita nikmati merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang dengan relah mati untuk negeri ini,”ucap Bupati JWS.

Sementara itu Wakil Bupati Ivan Sarundajang, mengatakan, saat ini tugas sebagai bangsa adalah mengisi kemerdekaan ini dengan semangat dan kerja keras. “Masa depan negeri ini tergantung dari seberapa besar keinginan kita untuk berbuat dan mengabdi pada negara yang kita cintai ini,” papar Sarundajang. Setelah upacara, Bupati JWS, Wabup Ivansa, jajaran Forkopimda dan pejabat Pemkab Minahasa lainnya melakukan Ziarah di makam Pahlawan Nasional Dr GSSJ Ratulangi dan melakukan tabur bunga di makam tersebut. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment