Anak Kesayangan Dalam Keluarga Paling Mungkin Untuk Menderita Depresi

Reporter : | 12 Nov, 2015 - 9:24 pm WITA

MANADOTODAY – Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa anak ‘favorit’ dalam keluarga lebih mungkin mengembangkan gejala depresi.

Peneliti dari Universitas Purdue di Indiana menentukan bahwa orang dewasa yang mempunyai hubungan kuat dengan orang tua mereka lebih menderita dari konflik dan perlu kedekatan emosional.

Para ahli percaya bahwa ini mungklin karena mereka menjadi korban dari persaingan antarsaudara, dan komitmen mereka kepada orang tua mereka.

Profesor Jill Suitor, yang memimpin penelitian mengatakan dikutip dari The Sun: “Ada resiko bagi mereka yang menganggap mereka secara emosional yang paling dekat dengan ibu mereka, dan anak-anak ini melaporkan gejala depresi yang lebih tinggi.”

Dalam studi tersebut, universitas menganalisa 725 orang dewasa dan mengukur tingkat kedekatan emosional, konflik, kebanggaan dan depresi mereka.

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang sebagai anak-anak ‘favorit’ mengalami stres karena mereka lebih cenderung untuk percaya orang tua mereka kecewa pada mereka.

Ia juga mengungkapkan bahwa mereka yang lebih dekat dengan ibu, lebih mungkin untuk berkonflik dengan saudara mereka.

Kontributor Megan Gilligan, dari Universitas Iowa mengatakan bahwa anak-anak ini juga memiliki “perasaan tanggung jawab yang lebih besar untuk perawatan emosional ibu mereka saat tua”.

Baca Juga :

Leave a comment