Korengkeng: Kepala SKPD Jangan “Alergi” dengan Wartawan

Reporter : | 12 Nov, 2015 - 8:41 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jefry R Korengkeng SH M.Si, melantik pengurus forum komunikasi agen informasi Kabupaten Minahasa, yang digelar di ruang rapat kantor Bupati Minahasa, Kamis (12/11/2015).

Dalam kesempatan tersebut Korengkeng menegaskan dengan dilantiknya para agen informasi ini, diharapkan hubungan antara pemerintah yakni satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dapat berjalan dengan baik dalam menyampaikan dan mensosialisasikan berbagai program dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

Disisi lain Korengkeng pun nenegaskan bahwa agar setiap kepala SKPD tidak perluh canggung dan takut terhadap kehadiran Pers ketika akan berkunjung dalam rangkah melakukan konfirmasi perihal program dan kebijakan pemerintah.

“Saya berharap agar kepala SKPD tidak alergi dengan Pers atau wartawan yang hendak melakukan kegiatan peliputan atau konfirmasi,” ingat Korengkeng.

Tugas Pers pada prinsipnya adalah menyampaikan informasi apapun kepada masyarakat, dan itu wajib difasilitasi oleh pemerintah dengan menyampaikan informasi apapun.

Hubungan antara pemerintah dan pers harus sebisa mungkin terjalin dengan baik, sebab disisi lain akan ada keuntungan yang bisa di peroleh oleh masing-masing pihak, dibagian lain Pers mendapat informasi yang akan di sampaikan, sementara pemerintah mendapat kesempatan untuk menyampaikan informasi ataupun kebijakan pemerintah melalui pers.

Korengkeng berharap, hadirnya agen informasi yang baru pertama kali di Sulut bahkan di Indonesia ini, akan menjadi jembatan yang sangat baik dalam rangkah penyampaian informasi kepada masyarakat.

Kata dia lagi, agen informasi harus bisa menjadi agen yang bisa bertindak atas nama atasan atau bisa menjadi sarana di SKPD untuk mempertemukan wartawan dengan atasan.

Kehadiran Pers patut diakui sangat penting dan membantu pemerintah, selain itu Pers merupakan mesin kontrol yang paling efektif yang wajib di terima kehadirannya di era demokrasi saat ini.

“Agen informasi yang sudah terbentuk ini merupakan solusi yang tepat guna menjawab kebutuhan pers dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, sebab dengan demikian masyarakat akan semakin tahu apa yang sedang daan akan di lakukan oleh pemerintah,” tukas Korengkeng.

Ia pun mengapresiasi atas upaya bagian humas dan protokol Sekdakab Minahasa ini, sebab kegiatan ini sangat penting dalam menunjang program pemerintah, dan satu-satunya kabupaten, kota bahkan provinsi di Indonesia yang memilki agen informasi di setiap SKPD.

Diketahui, pengurus forum agen informasi kabupaten Minahasa diketuai Asisten 3 Sekdakab Minahasa Hetty Rumagit SH, dan dilanjutkan dengan pelatihan jurnalistik bagi para agen dengan menghadirkan nara sumber diantaranya staf khusus Bupati Minahasa Meksi Sahensolar SPi dan Pemred Manado Post. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment