Ini Dampak Minuman Energi Bagi Jantung Anda

Reporter : | 12 Nov, 2015 - 12:42 pm WITA

MANADOTODAY – Minuman energi menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir, dan sebuah studi telah menganalisa dampak dari minuman energi pada kesehatan jantung.

Studi ini menyimpulkan bahwa bahkan hanya satu kali meminum minuman energi, ada dampak sementara pada kesehatan jantung. Studi ini mungkin mengejutkan bagi banyak orang karena dengan hanya meminum satu kaleng minuman energi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Studi ini menemukan bahwa peserta yang minum 16 ons minuman energi Rockstar memiliki kadar hormon norepinefrin dan peningkatan tekanan darah. Hormon norepinephrine mirip dengan adrenalin dan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Setiap minuman energi Rockstar mengandung 240mg kafein dan hampir 2.000 mg taurin dan ekstrak biji guarana dan milk thistle. Minuman energi juga mengandung stimulan lain.

Tim peneliti sebelumnya memeriksa tekanan darah peserta dan 30 menit setelah konsumsi minuman energi. Tim melihat tekanan darah sistolik hampir 6,6 poin lebih tinggi di antara peserta yang meminum minuman energi. Peningkatan 3,3 poin pada orang-orang yang diberi plasebo.

Tekanan darah, denyut jantung dan kadar glukosa, kafein dan norepinefrin diukur sebagai data dasar. Setelah membiarkan peserta minum, data yang sama diperoleh.

Tingkat norepinefrin diketahui naik 100 picograms per mililiter pada peserta yang mengkonsumsi minuman energi. Bagi peserta yang diberi minuman plasebo hanya menalami kenaikan 39 picograms per mililiter.

Tim peneliti mengatakan bahwa pengkonsumsian minuman energi secara teratur bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah dan peningkatan stimulan dalam aliran darah. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung jangka panjang. Tim peneliti menyarankan penelitian lebih lanjut harus dilakukan pada dampak yang disebabkan oleh minuman energi bagi kesehatan.

Baca Juga :

Leave a comment