Alunan Kolintang Bupati JWS Meriahkan Perayaan HUT ke-587 Kabupaten Minahasa

foto 1
Suasana perayaan HUT ke-587 Kabupaten Minahasa di Wale Ne Tou Tondano.

PERAYAAN HUT ke-587 Kabupaten Minahasa, digelar dalam sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Minahasa, yang dilaksanakan di Wale Ne Tou Tondano, Kamis 5 November 2015.

Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD James Stemmy Rawung SH didampingi para Wakil Ketua dan diikuti oleh segenap Anggota DPRD Minahasa ini, berlangsung hikmad dan meriah.

Jajaran Forkopimda Sulut dibawa pimpinan Penjabat Gubernur Sulut DR. Sumarsono MDM dan Ketua TP. PKK Sulut Tri Rachayu, Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung SH, hadir pada perayaan HUT Minahasa ini.

foto 2
Bupati Janjte Wowiling Sajow, bersama musik kolintang, membawakan lagu “mars Minahasa” di perayaan HUT Minahasa.

Selain itu, Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi dan Ketua TP PKK Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang dan ibu Jashinta Sarundajang-Paat, mantan Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang dan ibu Deetje Sarundajang-Laoh Tambuwun, jajaran Forkopimda Minahasa, para pejabat Pemprov Sulut, Bupati dan Walikota se-Sulut serta yang mewakili, Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi, jajaran pejabat Pemkab Minahasa, Ketua Panitia Frits Muntu SSos serta ribuan undangan, hadir dalam momen penting tahunan ini.

Setelah pengantar kata pembukaan oleh Ketua DPRD James Rawung SH dan diselingi dengan persembahan lagu-lagu daerah oleh Minahasa Regency Choir, Musik Bambu dan Paduan Suara Siswa SMA dan SMK se-Tondano raya, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dipersilahkan oleh Ketua DPRD untuk membawakan sambutan.

foto 3
Pj. Gubernur Sulut DR. Sumarsono MDM bersama Ketua TP. PKK Sulut Tri Rachayu, dan Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi dan Ketua TP PKK Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, serta Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang dan ibu Jashinta Sarundajang-Paat, usai memotong Kue HUT ke-587 Minahasa.

Menariknya, selesai menyampaikan sambutannya JWS langsung menuju ke panggung kanan, dimana seperangkat musik kolintang telah tersedia untuk dimainkan oleh orang nomor 1 di Minahasa ini.

Dengan mempersembahkan lagu “Mars Minahasa”, Bupati terbaik pilihan rakyat Minahasa ini langsung mengubah suasana menjadi semarak dengan tepuk tangan semua hadirin yang memadati gedung Wale Ne Tou Sasaran, Tondano itu.

Dalam sambutannya, JWS mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pj Gubernur Sulut beserta ibu Tri Rahayu Sumarsono dan undangan lainnya, yang hadir memeriahkan HUT Minahasa.

foto 4
Pj. Gubernur Sulut DR. Sumarsono MDM, memberikan kue HUT Minahasa, kepada salah satu tokoh dan putra terbaik Minahasa yakni DR. S.H. Sarundajang, yang juga sebagai mantan Gubernur Sulut dua periode.

Selain itu, JWS juga menyampaikan terima-kasih kepada seluruh pihak, yang tak henti-hentinya memberikan dukungkan kepada dirinya dan Wakil Bupati Ivan Sarundajang, dalam mewujudkan pembangunan di tanah Minahasa tercinta, termasuk perolehan prestasi-prestasi yang membanggakan yang diraih, seperti Juara Umum Pameran Pembangunan HUT Provinsi Sulut untuk dua tahun berturut-turut ini, perolehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP) pada tahun 2015 ini serta penghargaan atas survei KPK dan SIPS sebagai Daerah yang mencapai 0 persen melakukan gratifikasi.

Dikatakan JWS, saat ini pihaknya terus memfokuskan pembanguanan berdasarkan program prioritas. Seperti Infrastruktur daerah, pendidikan, kesehatan pertanian dan lingkungan hidup, pariwisata dan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Berdasarkan program prooritas ini maka kegiatan pembangunan yang sedang giat-giatnya antara lain perbaikan jalan dengan memperlebar akses-akses jalan di Minahasa baik dalam maupun keluar menuju ibukota provinsi Sulut,” ungkap Bupati.

Selanjutnya, dalam bidang kesehatan rehabilitasi RSUD Tondano serta pembangunan Puskesmas dan pengadaan kendaraan mobil ambulans.

“Berharap di akhir masa jabatan kami pada tahun 2018, setiap Kecamatan di Minahasa telah memiliki Puskemas representatif,” ungkapnya.

foto 5
Pj. Gubernur Sulut DR. Sumarsono, Ketua TP. PKK Sulut Tri Rachayu, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow bersama Ketua TP PKK Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, serta Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang bersama ibu Jashinta Sarundajang-Paat, dan pimpinan DPRD Minahasa.

Dalam bidang pendidikan, Pemkab Minahasa terus melakukan pembenahanan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan meningkatkan pelayanan sarana dan prasarana pendidikan, termasuk peningkatan kompetensi guru. Untuk bidang Pariwisata, disadari bahwa Minahasa memiliki potensi dan nilai jual yang cukup tinggi, urai Bupati.

“Karena itu saat ini sementara berlangsung pengembangan infrastruktur seperti penataan kawasan kuliner seputaran Benteng Moraya serta revitalisasi Danau Tondano sebagai destinasi pariwisata,” tandasnya.

Sementara Pj Gubernur DR. Sumarsono MDM dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat HUT untuk Kabupaten Minahasa, juga memberikan kado “istimewa”. Hadiah itu berupa renovasi wisata religi Bukit Kasih Kanonang dan pembangunan Sirkuit Pacuan Kuda Tompaso beserta fasilitas pendukungnya.

“Saya kenal Bukit Kasih dari orang-orang di Jakarta. Karena kalau ke Manado, mereka datang ke Bukit Kasih. Wisatawan asing pun kenal Bukit Kasih. Jadi saya terdorong untuk datang ke sana, walaupun tidak beritahu Bupati waktu itu. Setelah melihat langsung, ternyata wisata religi ini belum tertata dengan baik. Setelah pulang, ada inspirasi untuk menata kembali Bukit Kasih. Kemudian saya ke Jakarta, menghadap Ibu Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Karena kawasan itu hutan lindung dan belum ada izin. Dan di Hari Jadi Minahasa ini, permohonan itu dijawab dengan SK Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” papar Gubernur.

Adapun isi SK itu, antara lain memberikan mandat penuh kepada Pemerintah Provinsi Sulut untuk mengelola kawasan Bukit Kasih dengan sebaik-baiknya. Juga disebutkan tentang penambahan luas lahan di sekitar Bukit Kasih sebesar 12 hektar. Tujuannya agar kawasan ini menjadi lebih nyaman setelah direnovasi, urainya.

“Rencananya akan segera diawali dengan pembangunan gapura. Kemudian akan ditambah lagi satu rumah ibadah yakni Klenteng. Supaya lengkaplah enam rumah ibadah di sana. Kalau ini jadi, berarti di dunia ini hanya ada satu tempat wisata religi dengan enam rumah ibadah, yaitu di Minahasa. Dan apabila mendapat restu dari para tokoh masyarakat Minahasa, izinkan saya resmikan dengan nama Kawasan Wisata Religi AJ Sondakh,” ungkapnya.

Sementara untuk renovasi sirkuit pacuan kuda, dirinya terdorong mengembangkan kawasan itu agar bisa Go International.

“Saya sudah memberikan kesempatan kepada investor untuk melakukan investasi di kawasan itu. Mulai dari pembangunan sirkuit, peternakan dan pembibitan kuda serta sekolah perkudaan” ujar Dirjen Otda Kemendagri ini.

Sebagai puncak acara dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Minahasa ini, dilakukan pemasangan lilin angka 587 oleh Pj Gubernur Sumarsono yang dilanjutkan peniupan lilin bersama dan pemotongan Kue HUT yang diberikan Pj Gubernur kepada Bupati JWS, Wabup Ivansa, Ketua DPRD James Rawung masing-masing bersama ibu, dan kepada mantan Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang.

Acara diakhiri dengan doa oleh Ketua FKUB Kabupaten Minahasa Pdt Evert Tangel STh MPdK, yang diawali dengan iringan tarian Maengket oleh Tim Tari Waraney dan Wulan Minahasa, dan ditutup dengan persembahan tarian Katrili oleh siswa siswi SMP Negeri 4 Tondano.

Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi selaku Ketua Umum Panitia Hari Jadi Minahasa ke -587 menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak hingga terselenggaranya acara ini dengan sukses.

Sementara Ketua Harian Panitia Frits Muntu SSos mengatakan bahwa rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke -587 ini akan ditutup dengan Pesta Rakyat dan Penutupan Pameran Pembangunan “Minahasa Expo 2015” yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu 7/11 pukul 19.00 wita bertempat di kompleks Stadion Maesa Tondano. (Rommy Rompas)