Ketua PKK Sulut Serahkan Bantuan Pendidikan di Kelurahan Meras

Ketua PKK Sulut Tri Rachayu Sumarsono, ketika mengunjungi Taman Kanak-kanak di Kelurahan Meras, Kota Manado.
Ketua PKK Sulut Tri Rachayu Sumarsono, ketika mengunjungi Taman Kanak-kanak di Kelurahan Meras, Kota Manado.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ny. Tri Rachayu, menyerahkan bantuan alat pendidikan di Kelurahan Meras, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Jumat (6/11/2015). Penyerahan bantuan ini, sebagai tindak lanjut dari kegiatan bakti sosial yang dilakukan Penjabat Gubernur Sulut DR. Sumarsono MDM, bersama Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS), akhir bulan lalu.

“Pemberian bantuan sarana pendidikan ini, merupakan rangkaian kunjungan Gubernur Soni Sumarsono pekan lalu yang melakukan bakti sosial penyaluran air bersih bersama jurnalis independen pemprov sulut,” ujar Rachayu.

Dia katakan, kondisi geografis dan jumlah penduduk yang ada, mendorong keseriusan dan kesungguhan Pemprov Sulut untuk memberikan dukungan keseriusan terhadap layanan pendidikan guna pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun.

“Ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut,” katanya.

Pemerintah tambahnya, menargetkan setiap desa/kelurahan memiliki satu lembaga PAUD. dengan menyiapkan sarana dan prasarana penunjang serta kurikulum yang standart di setiap kabupaten dan kota.

“Terselenggaranya Baksos kali ini, TP-PKK Sulut menetapkan TK, SD dan TPK di Kelurahan Meras, menjadi pilot project untuk menjadi binaan dari TP PKK provinsi,” ucap Rachayu, sembari menambahkan akan berembuk bersama TP PKK kota Manado untuk menyediakan sarana dan prasaran bagi TK dan PAUD untuk kelurahan meras yang representative.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulut, Asiano Gemmy Kawatu pada laporanya mengatakan, sangat berbangga dengan keberadaan JIPS yang sangat aktif peduli dengan aksi-aksi sosial, yang menyentuh masyarakat kecil. Sedangkan Ketua TAPI PKK Kelurahan Meras Ibu Kelly Nontah, atas nama pemerintah dan masyarakat kelurahan Meras sangat berterima kasih atas Baksos TP PKK Sulut, yang sudah menambah koleksi sarana pendidikan bagi persekolahan di Kelurahan Meras.

“Saya dan kami warga Meras, berterima kasih kepada JIPS, karena tanpa gerakan sosial JIPS tentunya hal ini belum bisa terpenuhi,” tukasnya.

Adapun Bantuan yang diberikan oleh TP-PKK bersama Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Badan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (BP3A) pemprov sulut, meliputi bantuan pendidikan berupa paket alat permainan edukatif serie I-IV bermain sambil belajar dan alat permainan luncuran untuk TK PKK Kelurahan Meras.

Sedangkan untuk SD GMIM 88 diberikan bantuan buku kurikulum tingkat satuan pendidikan kelas I hingga kelas VI, satu unit timbangan digital, Microtoice, Biskuit serta Multivitamin, Lembar kain Batik Balita dan Sembako. (ton)