Sumarsono Canangkan HKN ke-51 Tingkat Provinsi Sulut

Pencanangan HKN ke-51 Provinsi Sulut
Pencanangan HKN ke-51 Provinsi Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sumarsono MDM, mencanangkan pembukaan kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 Tahun 2015 tingkat Provinsi Sulut, Jumat (5/11/2015).

Pencanangan yang dilaksanakan dilaksanakan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut ini, ditandai dengan pelepasan balon yang berisi hadiah Rp1 Juta. Pada kesempatan itu, Sumarsono mengakui tantangan pembangunan di sektor kesehatan dan permasalahan semakin kompleks.

“Contohnya penyakit menular seperti DBD, TBC, HIV-AIDS dan lain sebagainya sampai hari ini masih terus mengancam kesehatan masyarakat, sehingga perlu ada strategi khusus untuk mengatasinya. Namun disisi lain meningkatnya tren penyakit tidak menular turut menyerang di belahan masyarakat modern ini,” ujar Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri RI ini.

Dia berharap kiranya berbagai penyakit ini tidak akan menyurutkan semangat juang kita untuk menyehatkan dan mensejahterakan rakyat Sulut. Sementara Kepala Dinkes Sulut dr Jemmy Lampus menyebutkan, Tema HKN Tahun ini adalah “Indonesia Cinta Sehat: Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri “ dengan Sub Tema “Dari pinggiran, kita Galang Generasi Sehat Untuk Mewujudkan Sulawesi Utara Hebat”.

”Kegiatan yang akan digelar yaitu, mengikuti pameran HKN tingkat nasional di Jakarta dengan melibatkan Disbudpar Sulut untuk promosi Visit Manado 2016.Marijo Ka Manado, bakti social operasi katarak bersama TNI manunggal membangun desa ke-95 Tahun 2015 di Desa Dayoh pinolosian Bolsel, skrining penyakit matapada anak sekolah, senam sehat, donor darah, skrining penyakit tidak menular (PTM), lomba penyuluh gerakan serentak basmi DBD, lomba kebersihan dan keindahan antar bidang, pemilihan tenaga kesehatan teladan, pemilihan puskesmas berprestasi, serta puncak acara HKN akan dilaksanakan 18 Nopember 2015 mendatang,” terangnya.

Kegiatan HKN tersebut diawali dengan jalan sehat bersama keluarga besar Dinkes Sulut bersama Gubernur Sumarsono serta pejabat Eselon II lingkup Pemprov Sulut. Di akhir kegiatan, dilanjutkan dengan pemeriksaan darah, urine serta melakukan vitnes di Balai Kesehatan Olahraga Dinkes Sulut. (ton)