Bagian Pemhum Setdakab Mitra Sosialisasi Pembakuan Nama Rupa Bumi

Reporter : | 05 Nov, 2015 - 7:10 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) melaui Bagian Pemerintahan Umum dan Humas (Pemhum) menggelar sosialisasi tentang pembakuan nama rupa bumi kepada kecamatan,desa/kelurahan, bertempat di auditorium kantor bupati Kamis (5/11/2015).

Kepala Bagian Pemhum Mitra Franky Wowor SSos menyatakan bahwa kegiatan digelar dalam rangka mengolah, mengumpulkan dan mengiventaris data yang berkaitan dengan nama unsur rupa bumi di wilayah Mitra.

”Nama jalan, pantai, danau, bukit hingga gunung akan didata dan segera dibakukan agar ada data dan informasi akurat mengenai nama rupa bumi di Mitra,” kata Wowor.

Ditambahkannya, hal ini penting karena belakangan ini banyak bermunculan penamaan rupa bumi yang tidak mengikuti aturan.

Untuk itu sosialisasi ini sangat penting untuk dimengerti oleh masyarakat dan pemerintah desa.

Mengingat masih banyaknya nama rupa bumi di wilayah Mitra yang belum terdata, perlu diberikan pemahaman tentang rupa bumi kepada lurah/ hukum tua, sekdes serta pihak kecamatan agar dapat melaksanakan tugas menginventarisasi data nama rupa bumi di wilayah masing masing.

”Tentunya, pembakuan nama rupa bumi nantinya akan tetap mengacu pada nilai-nilai kearifan lokal berdasarkan usulan seluruh stakeholder termasuk pemangku adat di wilayah Mitra,” tegasnya.

Kegiatan itu sendiri dibuka
Asisten III Stanley Pasulatan SE MSi mewakili bupati.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment