Pemprov Sulut akan Terus Mendorong Pemberdayaan Desa

Reporter : | 03 Nov, 2015 - 11:13 pm WITA

Pemberdayaan Desa ,  Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, pemerintah desa,

Ir. Siswa Rahmat Mokodongan

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), akan terus mendorong pemberdayaan desa. Hal ini ditegaskan Sekdaprov Sulut Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, ketika membuka pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa, yang dilaksanakan di Hotel Arya Duta Manado, Selasa (3/11/2015).

Dijelaskan Mokodongan, mulai Tahun 2015 ini, seluruh desa di tanah air mulai diberdayakan. Apalagi, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini, mulai memberdayakan desa-desa di Indonesia, dengan memberikan dana desa untuk dkelolah secara mandiri, guna membangun desanya secara mandiri.

“Kalau dulu desa hanya dilihat sebelah mata, baik secara struktural maupun kultural dengan menempatkan desa hanya sebagai lokasi pembangunan dari desain yang telah ditentukan oleh pemerintah, dan cenderung mengabaikan berbagai kearifan lokal, adat istiadat dan potensi desa,” ujar Mokodongan.

Namun sekarang kata dia, berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, telah memberikan legitimasi konstitusional, sekaligus perintah bagi segenap stakeholders pembangunan terkait, untuk terus mendorong pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa ini, dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan,” jelas Mokodongan, dihadapan peserta kegiatan yakni aparat desa se- Kabupaten/kota se- Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment