Tahun Depan Project Loon Alphabet Singgah di Indonesia

Reporter : | 29 Okt, 2015 - 3:37 pm WITA

Project Loon, Alphabet

(foto: google)

MANADOTODAY – Alphabet bertujuan untuk membawa Internet dengan jangkauan sekitar 100 juta orang di Indonesia melalui Project Loon balon diketinggian 20 km.

Perusahaan mengatakan bahwa tiga jaringan operator seluler top Indonesia, Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata telah sepakat untuk menguji balon bertenaga koneksi internet LTE di seluruh Indonesia tahun depan.

Proyek Loon, yang dimulai Juni 2013, bertujuan untuk menggunakan jaringan dari balon yang diterbangkan untuk menghubungkan orang-orang di daerah pedesaan dan terpencil. Proyek bermitra dengan perusahaan telekomunikasi lokal untuk berbagi spektrum seluler, dan balon menyediakan lalu lintas nirkabel dari ponsel dan perangkat lain ke Internet menggunakan link berkecepatan tinggi, menurut situs proyek.

Dengan bergerak mengandalkan angin, balon dapat diatur untuk membentuk satu jaringan komunikasi besar yang membantu penyedia layanan telekomunikasi memperluas jaringan mereka.

Proyek Loon dapat membantu mengatasi masalah penyediaan konektivitas di tempat-tempat yang sulit dijangkau, bahkan pulau-pulau terpencil, Mike Cassidy, wakil presiden proyek Loon, menulis dalam sebuah posting blog. Tes merupakan langkah penting menuju seluruh Indonesia bisa online, ia menambahkan.

Proyek Loon dijalankan oleh laboratorium independen yang disebut X dalam Alphabet, yang merupakan perusahaan induk Google, setelah reorganisasi bulan ini.

Sistem balon telah diujicobakan dengan Telstra di Australia, Telefonica di Amerika Latin dan Vodafone di Selandia Baru.

Baca Juga :

Leave a comment