‘Pesona Musik Keroncong’ Disbudpar Sulut Berlangsung Sukses

Reporter : | 25 Okt, 2015 - 10:15 pm WITA

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pesona Musik Keroncong yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Manado, Sabtu (24/10/2015) malam, berlangsung sukses.

Dikatakan Kadisbudpar Sulut Ir Happy TR Korah MSi, musik keroncong yang digelar ini merupakan cermin dan identitas bangsa lewat budaya, sehingga ini perlu terus dikembangkan, hal ini dilihat dari dahulu Sulut diperhitungkan ditingkat nasional dengan musik keroncong.

Musik keroncong ini lanjutnya, jangan sampai punah dan harus dipertahankan. Di mana generasi saat ini menjadi penanggung jawab melanjutkan musik ini, agar keroncong tak terpinggirkan dari musik musik barat.

Korah pun beryukur, saat ini keroncong memang mengalami banyak kemajuan, terutama saat ini ada perpaduan dengan musik kolintang di Sulut yang mampu membawakan nada-nada keroncong sehingga gaung keroncong tetap terdengan bahkan para kawula muda pun semakin enjoy dengan lagu-lagu pop yang dijabarkan dengan musik keroncong.

Sementara itu, Direktur Kesenian Kemendikbud RI Prof. Endang Caturwati bersama ratusan masyarakat ibukota Provinsi Sulut, dibuat merinding dan takjub dengan alunan musik keroncong pada Festival Musik Keroncong tersebut.

Dalam kesempatan itu, Caturwati memberikan apresiasi kepada Pemprov Sulut lewat Disbdpar serta timnya yang mampu melaksanakan kegiatan ini, karena keroncong merupakan milik bangsa Indonesia, sehingga harus dikembangkan.

“Saat ini keroncong dapat dipadukan dengan berbagai macam seni musik, sehingga tak perlu diragukan lagi keroncong masih tetap didengungkan di negara lain seperti Malaysia,” terangnya.

Ditambahkan Caturwati, kedepan dalam memotivasi kesenian di Sulut maka akan diberikan bantuan 10 set alat seni ke sepuluh sekolah, dan akan terus berlanjut dengan bantuan yang lain. Diketahui, pada kegiatan ini semakin semarak setelah dua artis nasional Dewi Gita dan Sundari Sukoco didukung artis Kota Manado dan musisk kolintang menyemarakkan pentas keroncong ini. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment