Ivansa Terima Laporan Ada Warga Minahasa Lakukan Pembakaran Lahan dan Hutan

Reporter : | 24 Okt, 2015 - 8:44 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Ditengah usaha pemerintah untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan, namun ternyata tak didukung sepenuhnya oleh oknum-oknum yang tak bertanggungjawab. Seperti halnya di Kabupaten Minahasa.

Menurut Wakil Bupati Ivan Sarundajang (Ivansa), dirinya kerap menerima laporan masih ada pembakaran lahan dan hutan oleh masyarakat.

“Banyak laporan yang masuk kepada saya, dimana pembakaran lahan dan hutan masih saja terjadi dan ini lebih disebabkan oleh tangan manusia,” sesal Ivansa, Sabtu (24/10/2015).

Dikatakan dia, pembakaran hutan dan lahan merupakan keprihatinan yang mendalam dari pemkab Minahasa. Pasalnya laporan yang masuk, pembakaran hutan dan lahan lebih diprioritas pada kepentingan pemilik lahan untuk mempercepat proses pembukaan lahan.

Disisi lain pemkabaran hutan, justru terjadi akibat kesengajaan masyarakat untuk mendapatkan kayu, dan juga ada yang sengaja melempar puntung rokok hingga menyebabkan kebakaran.

“Musim kemarau yang terus melanda daerah kita, kebakaran hutan dan lahan akan menjadi malapetaka jika ada kesan hal itu terjadi oleh karena kesengajaan. Saya berharap segera sudahi saja tindakan tak terpuji itu, sebab sangat berbahaya bagi keselamatan masyarakat,” ketus Sarundajang. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment