Penyuluh Pertanian Diminta Sukseskan Upaya Khusus Swasembada Pangan

Reporter : | 23 Okt, 2015 - 11:55 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Penyuluh pertanian yang tersebar di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diminta supaya menyukseskan program upaya khusus, dalam rangka mewujudkan program swasembada pangan di daerah ini.

Hal tersebut dikatakan Penjabat Gubernur Sulut DR. Sumarsono MDM, melalui Kepala Sekretariat Bakorlu Provinsi Sulut Ir Jeffry Senduk.

“Upaya khusus swasembada pangan ini, yakni meningkatan produksi padi, jagung, dan kedele,” ujar Senduk. Dikatakan dia, penyuluh pertanian sebagai ujung tombak pelaksanaan program dilapangan, harus mengantisipasi musim kemarau yang berkepanjangan, termasuk kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di beberapa daerah di Sulut akhir-akhir ini.

“Peran penyuluh sangat penting dan strategis mengantipasi bencana musim kemarau yang terjadi, karena penyuluhlah yang mempunyai tugas mendampingi dan mengawal semua kegiatan dilapangan, disamping babinsa dan mahasiswa yang sengaja dilibatkan dalam rangka percepatan swasembada pangan di tanah air,” ungkap Senduk.

Ia menambahkan, koordinasi dan komunikasi dengan stakeholders terkait dalam rangka pelaksanaan upsus tiga komoditi ini, sangat penting demi mendapatkan informasi guna kebijakan pemda dalam rangka pengawalan dan pendampingan di sentra lokasi upaya khsus serta mengidentifikasikan permasalahan yang dihadapi. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment