Tidak Hanya Tanda Penuaan, Keriput Bisa Jadi Indikator Masalah Kesehatan yang Serius

Reporter : | 22 Okt, 2015 - 11:03 pm WITA

ManadoToday – Kulit keriput merupakan tanda-tanda penuaan. Namun, kadang-kadang keriput dapat menjadi indikator untuk masalah kesehatan yang serius, taukah Anda masalah-masalah kesehatan tersebut?? jika tidak simak dibawah ini:

Osteoporosis

Keriput bisa menjadi tanda bahwa kepadatan tulang yang kurang
Dalam satu penelitian yang dilakukan pada 100 wanita berusia antara 40 dan 50 tahun, para peneliti telah menemukan hubungan antara kedalaman keriput dan kepadatan tulang. Mungkin, itu terjadi karena tulang dan kulit memiliki kolagen, yang berkurang seriring bertambahnya usia.

Gula

Keriput juga dapat menunjukkan bahwa Anda mengkonsumsi terlalu banyak gula. Gula mengikat protein dalam tubuh dan menghasilkan zat-zat kompleks yang memecah kolagen dan elastin, yang dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Coba ganti makan manis dengan buah dan sayuran.

Tahap awal penyakit jantung

Kerutan diagonal yang muncul di cuping telinga mungkin menjadi tanda awal dari penyakit jantung. Keriput diagonal ini juga dikenal sebagai “tanda Frank”. keriput ini disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah kecil pada lobus telinga, dan ini adalah refleksi dari perubahan pembuluh darah di sekitar jantung.

Stres

Keriput juga disebabkan oleh stres. Ketika Anda stres, Anda cenderung mengerutkan alis Anda, yang dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kerutan permanen. Hasilnya tidak hanya dapat dilihat di dahi, namun juga di tempat lain di wajah. Hal ini karena jumlah hormon stres yang banyak kortisol, dapat menurunkan kolagen di kulit Anda.

Tekanan darah tinggi

Wanita yang terlihat lebih muda dari usia mereka, cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Hal ini juga dapat dilihat daru perempuan dan laki-laki yang hidup lebih lama, cenderung tidak memiliki kerutan di kulit tangan mereka.

Baca Juga :

Leave a comment