Nenek Ini Mempunyai Hidung ‘Super’ yang Dapat Mendeteksi Penyakit Parkinson

Reporter : | 22 Okt, 2015 - 11:20 am WITA

Parkinson, Joy Milne,

(foto: mail online)

ManadoToday – Seorang nenek asal Inggris telah mengejutkan dunia medis dengan kemampuan luar biasanya yang dapat mendeteksi penyakit Parkinson dengan menggunakan hidung.

Dokter mengatakan Joy Milne, 65, memiliki kemampuan yang unik untuk mendeteksi kondisi awal dan membantu pencegahan penyakit.

Selama tes laboratorium, Milne mampu mengidentifikasi orang dengan Parkinson hanya dengan mengendus baju yang mereka pakai tidur.

Nenek itu pertama kali mengendus perubahan bau suaminya lebih dari dua dekade lalu yang  didiagnosa menderita Parkinson. Les suaminya meninggal tahun ini.

Milne, dari Perth di Skotlandia, mengatakan dikutip dari Mail Online: “Saya memiliki penciuman yang tajam dan saya dapat mengetahui jika ada perubahan yang sangat halus dari bau Les.

Menceritakan bagaimana dia dapat berhubungan dengan pada ilmuwan, dia mengatakan: “Saya menghadiri kuliah penelitian Parkinson di Universitas Edinburgh,”

“Saya bertemu dengan Dr Tilo Kunath dan bersama-sama kami bekerja untuk melihat apakah saya bisa mendeteksi orang lain dengan Parkinson, tidak hanya Les.

“Ternyata saya bisa dan saya sangat senang Parkinson Inggris mendanai penelitian ini lebih lanjut.”

Para ilmuwan percaya bahwa penyakit ini dapat menyebabkan perubahan dalam sebum – zat berminyak yang diproduksi oleh kulit – yang menghasilkan bau yang unik dan halus, hanya terdeteksi oleh orang-orang dengan penciuman yang sangat sensitif.

Baca Juga :

Leave a comment