Punya Lebih Dari 11 Tahi Lalat di Lengan Kanan?? Awas Anda Terancam Kanker Kulit

Reporter : | 21 Okt, 2015 - 2:12 pm WITA

ManadoToday – Sebuah makalah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology, mengungkapkan salah satu cara yang digunakan oleh dokter untuk mengetahui risiko kanker kulit adalah dengan menghitung tahi lalat di tubuh dan terutama di lengan kanan.

Menurut penelitian, memiliki lebih dari 11 tahi lalat di lengan kanan berarti Anda berada pada peningkatan risiko menderita kanker kulit.

Dalam studi tersebut, para peneliti menggunakan data dari sebuah penelitian di Inggris dimana ada 3.594 perempuan kembar yang diteliti mulai dari Januari 1995 sampai Desember 2003. Sebagai bagian dari penelitian, peserta telah menerima pemeriksaan kulit dimana perawat mengumpulkan informasi tentang jenis kulit, warna mata, bintik-bintik, tahi lalat di 17 bagian tubuh.

Para peneliti juga mengambil informasi dari sampel yang lebih besar dari laki-laki dan perempuan yang mengambil bagian dalam studi kasus kontrol melanoma di Inggris. Mereka menemukan bahwa orang yang memiliki lebih dari 11 tahi lalat di lengan kanan meningkatkan kemungkinan untuk memiliki lebih dari 100 tahi lalat di seluruh tubuh, yang berarti bahwa mereka berada pada risiko lebih tinggi terkena melanoma.

Pemimpin studi Simone Ribero dari Department of Twin Research & Genetic Epidemiology mengatakan dikutip dari nycity.today, “Penelitian ini mengikuti penelitian sebelumnya yang mengidentifikasi situs proxy terbaik untuk mengukur jumlah tahi lalat di tubuh secara keseluruhan. Perbedaannya disini adalah bahwa ini dilakukan pada skala yang lebih besar pada populasi Kaukasia yang sehat “.

Baca Juga :

Leave a comment