Anak yang Lebih Tua Biasanya Lebih Pintar Dari Adiknya, Peneliti Mengungkapkan

Reporter : | 20 Okt, 2015 - 11:03 pm WITA

ManadoToday – Anak sulung atau lebih tua umumnya memiliki IQ tertinggi, menurut sebuah studi yang dilakukan Universitas Leipzig – dan setiap anak berturut dalam keluarga memiliki IQ lebih rendah.

Hal ini diyakini karena pola pengasuhan, bukan faktor biologis. Adik umumnya diberi lebih banyak kebebasan untuk melakukan apa yang mereka inginkan, sedangkan ada tekanan pada saudara yang lebih tua untuk mencapai sesuatu, contohnya dalam studi.

Analisa Univerisitas Leipzing berasal dari hasil tiga studi nasional, termasuk salah satu dari Inggris, yang melibatkan lebih dari 20.000 orang.

Peneliti Julie Rohrer, yang turut menulis penelitian, mengatakan dikutip dari telegraph.co.uk: “Ada satu teori yang mengatakan bahwa anak kedua ” menipiskan “sumber daya orang tua mereka. Sementara anak sulung mendapat perhatian penuh orangtua, setidaknya untuk beberapa bulan atau tahun, anak kedua harus belajar berbagi sejak dari awal.”

“Faktor lain mungkin digambarkan oleh hipotesis pembelajaran: Anak sulung dapat menjadi ‘guru’ bagi adiknya.”

“Mengajar orang lain memerlukan tuntutan kognitif tinggi – anak perlu mengingat pengetahuan mereka sendiri, struktur dan memikirkan cara yang baik untuk menjelaskan kepada adik-adiknya.” tambahnya.

Baca Juga :

Leave a comment