Alasan Mengapa Peneliti Larang Wanita Memakai Bra

Reporter : | 20 Okt, 2015 - 10:12 pm WITA

ManadoToday – 13 Oktober lalu adalah hari tanpa bra seluruh dunia. Ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran kanker payudara. Pada hari itu banyak wanita meninggalkan bra mereka di rumah dan melakukan aktivitas seperti biasa. Ini hanya satu hari setiap satu tahun tetapi para ilmuwan telah menemukan bahwa sebenarnya tidak memakai bra sangat bagus untuk wanita.

Tujuan utama bra adalah untuk menjaga payudara dan membantu wanita saat melakukan pekerjaan rumah tangga, bekerja di kebun, berolahraga dan pergi bekerja.

Namun, Jean-Denis Rouillion yang adalah seorang peneliti ilum olahraga dan profesor di Universitas Franche-Comte di kota Besancon mengklaim bahwa memakai bra sangat berbahaya bagi tubuh wanita. Dia melakukan penelitian panjang selama 15 tahun dengan wanita berusia 18 – 35 tahun dimana ia meneliti efek memakai bra pada tubuh. Ia sampai pada kesimpulan bahwa bra tidak memberikan manfaat apapun bagi tubuh, tidak memberikan dukungan ekstra untuk dada dan tulang belakang atau mencegah sakit leher atau kendur.

Studi ini menunjukkan bahwa bra mencegah perkembangan jaringan pendukung payudara. Serta penelitian juga menunjukkan bahwa tidak memakai bra berarti memiliki sirkulasi darah yang lebih baik dan produksi kolagen yang lebih dan elastisitas.

Meski begitu masih banyak wanita yang akan terus memakai bra karena alasan moral masyarakat. Namun, cobalah untuk tidak memakai bra saat berada di rumah atau saat tidur. Hindari bra yang terlalu ketat dan tidak nyaman. (artikel dikutip dari blog.auntyacid.com)

Baca Juga :

Leave a comment