Dispertanak Mitra Siapkan Bantuan Pompa Air Bagi Kelompok Tani

Reporter : | 20 Okt, 2015 - 8:37 pm WITA

Dinas Pertanian dan Peternakan, Ir Elly Sangian ME,

Kadis Pertanak Mitra Ir Elly Sangian ME

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Musim panas yang berkepanjangan telah mengakibatkan kekeringan di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Hal ini berdampak pada sektor pertanian yang harus mengalami gagal panen.

Untuk itu, ke depan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Mitra, akan kembali menyiapkan bantuan pompa air yang akan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani.

Menurut Kepala Dispertanak Mitra Ir Elly Sangian ME, bantuan untuk tahun ini sudah direalisasikan dan tahun 2016 bantuan pompa air akan diprioritaskan bagi petani yang wilayahnya sangat kesulitan air.

“Ini juga akan melihat kondisi di lapangan, apakah jika dibuat sumur bor bisa mendapatkan air atau tidak. Karena akan mubasir jika kita realisasikan pompa air, namun ketika dilakukan pengeboran tanah, ternyata di wilayah itu tidak ada kandungan air,” ujar Sangian.

Daerah yang mengalami kekeringan paling parah adalah Kecamatan Ratatotok. Di sana mengalami gagal panen tanaman jagung. Sementara Kecamatan Silian untuk tanaman kedele.

“Dan untuk tanaman padi sawah rata-rata tidak terlalu parah. Sehingga dapat dipastikan kebutuhan di daerah, masih bisa terpenuhi,” tukas Sangian. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment