Gunung Klabat Terbakar, Sumarsono Keluarkan Limas Perintahkan Penanganan

Reporter : | 20 Okt, 2015 - 2:56 pm WITA

Gunung Klabat, DR. Sumarsono MDM, Minahasa Utara

Pnj Gubernur Sulut DR. Sumarsono

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gunung Klabat yang berada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terbakar. Bahkan, kilauan api kebakaran yang terjadi sejak Minggu (18/10/2015), terlihat dari arah kejauhan.

Penjabat Gubernur Sulut DR. Sumarsono MDM, akhirnya mengeluarkan lima perintah untuk menangani bencana kebakaran yang melanda sejumlah tempat di daerah ini.

Melalui Staf Khusus Gubernur Bidang Komunikasi Publik, Ferry Rende, Sumarsono memberikan instruksi dengan mengeluarkan lima perintah harian sebagai berikut:

1. Atas koordinasi Pj.Gubernur Sumarsono dengan Menteri Kehutanan, segera dikirimkan pesawat khusus pengebom air (waterboom) ke Sulawesi Utara untuk memadamkan api di Gunung Klabat, Dua Saudara. Untuk itu memerintahkan Kepala Dinas Kehutanan dan Kepala Biro Sumber Daya Alam untuk segera memberikan dukungan terhadap bantuan menteri tersebut. Persiapkan landasan pesawat di bandara Sam Ratulangi, siapkan sumber air yang cukup. Langsung bergerak ke lapangan. Tidak perlu diskusi terlebih dahulu. Koordinasikan dengan setiap instansi terkait, termasuk TNI/Polri, LSM, relawan dan kabupaten/kota terkait.

2. Asisten I segera lakukan langkah koordinasi dengan Kepala BPBD, Kadisos, Kadiskes dan instansi terkait hari ini untuk segera memberikan dukungan fasilitas berupa makan-minum, tenda, obat-obatan, dll kepada anggota TNI/Polri, relawan, dan segenap masyarakat yang sedang melakukan upaya penanggulangan bencana kebakaran di setiap titik tanpa kecuali. Persiapkan langkah evakuasi penduduk jika kebakaran melanda pemukiman.

3. Kepala BPBD secepatnya berkoordinasi dengan Sekprov Sulawesi Utara untuk mengeluarkan perpanjangan status Tanggap Darurat Bencana Kebakaran di tingkat provinsi, mengingat kebakaran sudah melanda banyak daerah & antar kabupaten/kota di Sulawesi Utara.

4. Mengajak segenap komponen bangsa dan seluruh lapisan masyarakat di Sulawesi Utara untuk memberikan dukungan partisipatif, guna mencegah & menanggulangi sedini mungkin meluasnya kebakaran, dengan cara tidak membakar lahan, dan tidak membuang puntung rokok secara sembarangan.

5. Pj. Gubernur mengimbau kepada jajaran terkait di daerah Sulawesi Utara jika sewaktu-waktu diperlukan (seperti kalangan BUMN, BUMD, perbankan, perusahaan swasta dan lembaga lainnya), untuk memberikan dukungan partisipatif atas upaya penanggulangan bencana yang tengah diupayakan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Ir. Noldy Liow melalui Kabid Penanggulangan Bencana Jhon Wungow menyebutkan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) gunung Klabat di Minut, terjadi pada posisi mendekati puncak gunung, pada titik perbatasan antara Minut dan Bitung.

“Kebakaran mulai terlihat pada pukul 19.00 wita di dekat lereng desa Pinokalan. Api mengarah ke wilayah kecamatan Dimembe Minut,” terang Wungow.

Sejumlah tim dan relawan sudah diterjunkan dan saat ini sedang mendaki menuju titik api.

“Tim Pemadam kebakaran yang terdiri dari Korem 712 sebanyak 1SSK, Kodim Bitung dan Minut dibantu masyarakat sekitar, melakukan pemadaman,” ujar Karo Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut DR. Jemmy Kumendong. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment