Lupakan Baterai, Senter Ini Dapat Dinyalakan Dengan Panas Tubuh Manusia

Reporter : | 20 Okt, 2015 - 2:33 pm WITA

Lumen, senter Lumen,  Ross Zhuravskiy,  generator termoelektrik

(foto: kickstarter)

ManadoToday – Disebut Lumen, perangkat kecil ini dilengkapi dengan panel yang mengubah panas tubuh menjadi arus listrik untuk menyalakan sebuah LED kecil.

Senter kecil memiliki panjang 1,6 inci dan beratnya hanya 35g, yang berarti tidak menghasilkan cahaya yang kuat, tetapi dikatakan dapat mengeluarkan cahaya setara denga yang ditemukan pada smartphone.

Lumen dirancang oleh Ross Zhuravskiy yang berbasis di New York.

Senter ini memiliki batang keramik yang bertindak sebagai generator termoelektrik (TEG) untuk memanen energi dari panas tubuh ketika mereka menyentuhnya.

Generator termoelektrik mengkonversi suhu dan langsung mengubahnya menjadi energi listrik.

Lumen juga memperhitungkan suhu udara ambien dan kemudian menentukannya ketika disentuh.

Logam yang dipasang pada tubuh Lumen kemudian dikatakan bertindak sebagai ‘radiator’ untuk mempertahankan panas.

Zhuravskiy telah menyiapkan kampanye Kickstarter untuk mendanai produksi perangkatnya dan saat ini dia telah mengumpulkan lebih dari $ 39.150.

“Menurut saya, perbedaan antara suhu tubuh dan lingkungan, cukup untuk menghasilkan listrik yang mampu menyalakan LED tunggal, ” kata Ross Zhuravskiy dikutip dari Mail Online.

“Kita tidak bisa menyalakan LED yang kuat hanya dengan TEG kecil , namun, Lumen dapat memproduksi sekitar 15 mA pada 3 volt ketika ada perbedaan yang relatif kecil antara panas tubuh dan lingkungan.

Contoh yang diberikan saat kampanye Kickstarter adalah perbedaan antara 27 ° C (82 ° F) Suhu udara dan jari dengan suhu 36 ° C (98 ° F).

“Ketika perbedaannya lebih besar, kelebihan daya akan disimpan dalam sebuah kapasitor untuk menyalakan Lumen kapanpun Anda membutuhkannya,” kata Zhuravskiy, dan menambahkan energi ini cukup untuk menyalakan sebuah LED 5mm dengan output cahaya 3000mcd.

Mcd singkatan dari millicandela dan digunakan untuk mengukur output cahaya. Cahaya 3000mCd dikatakan sebanding dengan senter di ponsel.

Untuk menempatkan ini dalam perspektif, LED yang dipasang untuk gadget dan layar, biasanya dikisaran 50mcd, sedangkan LED ‘ultra terang’ mencapai 15,000mcd.

Senter Lumen tersedia di Kickstarter dengan model aluminium dan titanium dan harga mulai dari $ 35.

Baca Juga :

Leave a comment