Ini Alasan Kenapa Mandi Dengan Sabun Dapat Membahayakan Kesehatan Anda

Reporter : | 20 Okt, 2015 - 1:12 pm WITA

ManadoToday – Sebagian besar dari kita pasti tidak akan merasa nyaman menghabiskan hari dengan mandi tanpa sabun. Tapi terlalu bersih benar-benar bisa merugikan kesehatan kita, klaim salah satu dokter AS.

Mandi dengan sabun setiap hari dapat mempengaruhi kekebalan tubuh kita, Dr Robyn Chutkan, dari Pusat Pencernaan untuk Perempuan mengatakan dikutip dari Mail Online.

Dr Chutkan, yang adalah penulis The Microbiome Solution, mengatakan lapisan kulit kita terdiri dari bakteri yang membuat kita bebas dari kondisi seperti jerawat dan eksim.

Tubuh manusia memiliki triliunan bakteri pada kulit dan dalam usus, yang dikenal sebagai microbiome, yang mempengaruhi keseimbangan kesehatan kita.

Kontak teratur dengan kotoran, bukannya berbahaya, tapi mengajarkan manusia untuk membedakan antara kuman ramah dan patogen berbahaya, dia mengatakan kepada Health.com.

Dr Chutkan mengatakan sabun yang terbuat dari bahan-bahan organik adalah satu-satunya yang dia rekomendasikan.

Kebanyakan sabun anti-bakteri mengandung bahan kimia yang mengganggu keseimbangan bakteri pada kulit, katanya.

Satu-satunya tempat yang perlu disabun setiap hari adalah ketiak dan selangkangan, katanya. Sisanya hanya perlu dibilas – walaupun Anda berkeringat tambahnya.

“Kotor tidak menyebabkan penyakit, tapi, berulang kali membunuh bakteri baik pada kulit kita sebenarnya dapat membahayakan kekebalan tubuh kita, ” ungkapnya.

Selama musim dingin dan flu, seseorang harus lebih berhati-hati, cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air hangat untuk setidaknya 20 detik, katanya. Dengan cara ini dapat menjauhkan kita dari virus dan bakteri.

Baca Juga :

Leave a comment