Yaki Dapat Membantu Menjaga Ekosistem Lingkungan

Reporter : | 17 Okt, 2015 - 3:06 pm WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Yaki atau hewan jenis Macaca Nigra yang juga sering disebut dengan Ninja hutan, ternyata fungsinya dapat menjaga kelestarian dan ekosistim lingkungan.

Harry Hisler Programer Manager Selamatkan Yaki, mengemukakan alasan peduli terhadap yaki dikarenakan hewan yang enemik ini bisa menebar bibit guna membantu pertumbuhan dan pelestarian hutan yang berefek terhadap kehidupan masyarakat.

“Jadi kenapa kita harus peduli Yaki, Karenna Yaki membantu manusia menjaga eksositim hutan yang berdampak pada kehidupan manusia,” tegas Hisler, saat pameran Yaki yang diselenggarakan di Gedung Kesenian Bitung, kemarin.

Hilser juga membeberkan bahwa penyebab utama menurunnya populasi Yaki di tanah Minahasa sebesar 80 persen dalam kurun waktu 40 tahun teakhir, tidak lain disebabkan karena Yaki selalu menjadi sasaran perburuan manusia untuk diperdagangkan, dipelihar bahkan dikonsumsi.

“Momentum pameran Yaki ini, diharapkan akan membuka cakrawala dan pengetahuan masyarakat tentang fungsi Yaki bagi manusia. Dan apresiasi tentu diberikan kepada Pemkot Bitung, yang memberikan respon positif dilaksanakannya pameran Yaki,” ucap Hisler.

“Kami juga berharap, manfaat Yaki akan terus disosialisaikan kepada seluruh masyarakat sehingga akan dijaga bersama dan selamat dari ancaman kepunahan,” pungkasnya.

Diketahui turut hadir pada pembukaan pameran Yaki, Wakil Ketua TP-PKK Ny Khouni Lomban-Rawung, sejumlah pimpinan SKPD, para pelajar dan  komunitas selamatkan yaki. (adl)

Baca Juga :

Leave a comment