Tomohon Terbesar Kunjungan Wisatawan di Sulawesi Utara

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Terobosan yang dilakukan Walikota Jimmy F Eman SE Ak di bidang pariwisata membuahkan hasil. Dari 15 kabupaten-Kota di Sulawesi Utara, Kota Tomohon menempati tempat pertama kunjungan wisatawan.

Tahun 2014, kunjungan wisatawan mancanegara di Kota Tomohon mencapai 14.023 orang, naik berlipat dibandingkan tahun 2011 sebanyak 4087 orang. Sementara angka kunjungan wisatawan nusantara naik signifikan jadi 132.202 wisatawan tahun 2014 dari 30.576 tahun 2011.

kondisi seperti ini tentu berkorelasi dengan pergerakan ekonomi dalam berbagai bidang yang bermuara pada laju pertumbuhan ekonomi yang saat ini 6,93 persen dan akan terus meningkat.

”Ya, angka kunjungan meningkat karena obyek wisata alam dan budaya yang menarik, tersebar di lima kecamatan,” ungkap Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak.

Obyek wisata di Kota Tomohon terdiri dari Kecamatan Tomohon Timur 5 wisata alam dan satu wisata budaya. Kecamatan Tomohon Selatan 6 obyek wisata alam dan 4 obyek wisata budaya, Kecamatan Tomohon Barat 3 obyek wisata alam dan 3 obyek wisata budaya. Kecamatan Tomohon Tengah satu obyek wisata alam dan 9 obyek wisata budaya serta Kecamatan Tomohon Utara 7 obyek wisata alam dan 13 obyek wisata budaya.

”Fasilitas hotel dan penginapan sudah ytermasuk baik dengan 400 kamar dan 442 tempat tidur,” tambah Kabag Humas dan Protokol Fransiskus Ferdinand Lantang SSTP didampingi Kasubag Humas Djufry Rorong SSos. (ark)