Batu Unik Ini Miliki Harga Lebih Dari Rp 300 Miliar

Reporter : | 14 Okt, 2015 - 3:15 pm WITA

Batu Unik, batu basanite, baru pandaManadoToday – Seorang kolektor batu asal Cina mengklaim miliki batu yang bernilai sekitar 150 juta Yuan atau lebih dari Rp 300 miliar karena batu tersebut bercorak dua panda.

Pria, bernama Li, mengatakan pola di atas batu membentuk dua panda, membuat batu tersebut sangat mahal.

Dia mengatakan menemukan batu itu di sebuah pantai di Qingdao, Cina, 12 tahun yang lalu, People’s Daily Online melaporkan.

Batu itu merupakan basanite, batuan beku yang terbentuk dari hasil dari gerakan magma di bawah laut.

Dari belakang, batu terlihat normal dengan garis-garis berwarna cokelat dan hitam. Namun, pola yang berbeda tampaknya terbentuk di bagian atas batu. Li mengklaim pola menggambarkan panda besar dan kecil di kakinya.

Dia mengatakan bahwa ketika pertama kali menunjukkan batu itu ke sesama kolektor, banyak yang terkejut. Salah satu temannya bahkan ingin membeli batu dengan harga sekitar Rp 1,4 miliar.

Sejak saat itu, dia pergi ke pakar penaksiran. Mereka kemudian memperkirakan batu bernilai 150 juta Yuan atau lebih dari Rp 300 miliar.

Beberapa orang telah mengakui bahwa naiknya jumlah kolektor dalam beberapa tahun terakhir telah mendorong naiknya harga beberapa jenis batu.

Namun, yang lain berpendapat tidak adanya pasar khusus untuk batu-batu ini, membuat kesulitan untuk memperkirakan harga pasar. Mereka mengungkapkan bahwa banyak harga yang sangat tinggi hanya merupakan spekulasi belaka.

Baca Juga :

Leave a comment