Moratorium Menteri Kelautan, Pertumbuhan Ekonomi Bitung Alami Penurunan

Reporter : | 14 Okt, 2015 - 10:21 am WITA

Kota pelabuhan , Menteri Kelautan,bitung

Wawali Bitung saat memaparkan program pembangunan di hadapan peserta rakor di kantor Gubernur Sulut

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Bitung merupakan Kota pelabuhan dengan salah satu penghasilan terbesar berasal dari sektor kelautan dan Perikanan. Namun, adanya kebijakan Menteri Perikanan tentang moratorium membuat banyak pekerja yang dirumahkan sehingga berimbas pada pertumbuhan ekonomi.

Hal ini dipaparkan Wakil Walikota Bitung Max Lomban, dihadapan Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) pada Rapat kordinasi (rakor) pimpinan daerah yang dilaksanakan di ruang CJ Rantung kantor Gubernur Sulut, Selasa kemarin.

“Akibat moratorium, pertumbuhan ekonomi kota Bitung tahun ini hanya mencapai 20% dari biasanya,” tutur Lomban.

Disamping itu, Lomban menjelaskan berbagai perkembangan di Kota Bitung antara lain yakni realisasi penyerapan anggaran kota Bitung yang sampai saat ini (Oktober 2015) mencapai 60 persen, dan akan terus dipacu dalam rangka pertumbuhan ekonomi, sinkronisasi pembangunan kota Bitung dan nawa cita dan isu strategis tentang kebakaran hutan lindung Tangkoko.

“Terkait masalah kebakaran hutan lindung Tangkoko, sampai saat ini masih dalam proses pemadaman dibantu para relawan dan warga masyarakat, mengingat sulitnya mobil pemadaman memasuki areal yang terbakar,” pungkasnya. (adl)

Baca Juga :

Leave a comment