Berlian Dapat Digunakan Untuk Mendeteksi Kanker Lebih Awal

Reporter : | 13 Okt, 2015 - 8:15 pm WITA

Berlian , Kanker , Magnetic Resonance Imaging

(foto: nycity.today)

ManadoToday – Tim fisikawan dari Universitas Sydney datang dengan cara baru untuk mendeteksi kanker dan itu dengan menggunakan berlian. Dengan teknologi baru, yang disebut scan non-invasif Magnetic Resonance Imaging (MRI), para peneliti mampu mengidentifikasi timbulnya kanker jauh lebih awal dari teknologi sebelumnya.

Sebuah skala nano, versi sintetis dari berlian, dapat digunakan untuk menemukan kanker saat tahap awal penyakit.

Penulis studi David Reilly dari Sekolah Fisika di Universitas Sydney mengatakan bahwa mereka telah mempelajari kemampuan nano berlian untuk mendiagnosis kanker tahap awal. Profesor Reilly mengatakan bahwa dengan sebagian besar non-toksik dan non-reaktif, mereka memiliki harapan yang tinggi dari berlian nano.

“Kami pikir kami bisa membangun sifat-sifat non-toksik ini menyadari bahwa berlian memiliki karakteristik magnetik yang memungkinkan itu bertindak sebagai pemandu di MRI. Kami secara efektif merubah masalah farmasi menjadi masalah fisika”, kata Reilly dikutip dari nycity.today.

Para ahli mengatakan bahwa ini bukan pertama kalinya upaya dilakukan untuk mengobati kanker dengan perawatan khusus. Tapi sering menggunakan jalur bahan kimia. Tim ini berharap untuk menguji teknologi pada hewan untuk menilai kemanjurannya.

“Dengan menggunakan berlian hyperpolarised sebagai molekul penarget kanker, teknik ini dapat memungkinkan melacak gerakan molekul dalam tubuh,” kata Ewa Rej, penulis utama makalah.

“Ini adalah contoh yang bagus bagaimana penelitian fisika kuantum dapat menangani masalah di dunia nyata, dalam kasus ini membuka jalan bagi kita untuk menargetkan kanker sebelum itu mengancam jiwa,” kata Profesor Reilly.

Baca Juga :

Leave a comment