Dua Manfaat Saus Tomat Bagi Kesehatan yang Mungkin Anda Tidak Tau

Reporter : | 13 Okt, 2015 - 7:52 pm WITA

ManadoToday – Jika Anda penggemar kentang goreng, hot dog atau hamburger, mungkin yang pertama terlintas dipikiran Anda adalah saus tomat, namun, selain untuk memperenak masakan, saus ini ternyata memiliki kegunaan lain yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan.

Penasaran ?? silahkan baca dua hal yang bisa dilakukan suas tomat dikutip dari healthyandnaturallife.com:

Masker wajah.

Tomat mengandung likopen, sebuah antioksidan kuat yang dapat menyembuhkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari, serta mengandung vitamin A, C dan K, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut. Bahan ini biasa ditemukan dalam saus tomat dengan jumlah yang banyak daripada tomat segar karena dengan memasak isinyam membuat likopen jadi lebih terkonsentrasi.

Likopen juga sangat bermanfaat untuk produksi kolagen, yang penting untuk kulit sehat dan tampak awet muda. Satu-satunya kelemahan adalah bahwa saus tomat mengandung asam asetat, yang dapat mengeringkan kulit Anda, sehingga paling cocok yang memiliki kulit berminyak.

Cukup, memijat dengan gerakan memutar, terapkan satu sendok makan saus tomat di wajah Anda. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Kulit Anda akan lembut dan halus saat disentuh, serta tampak bercahaya.

Menyembuhkan luka akibat digigit serangga

Kecap juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga karena berhasil dapat mengurangi iritasi kulit.

“Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi,” menurut Ben Valsler, editor majalah digital Chemistry World. Saus tomat memiliki kandungan garam yang tinggi. Garam dapat menyerap air dari gigitan, sehingga mengurangi peradangan. Cuka juga merupakan iritan, maka saus tomat dapat mengiritasi kulit secara kimiawi yang mengurangi rasa gatal.

Baca Juga :

Leave a comment