Disperindagkop UMKM PM Kota Gorontalo Belajar di Minahasa Tenggara

Reporter : | 12 Okt, 2015 - 2:51 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Keberhasilan Pemkab Mitra melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop-UMKM), membina sejumlah koperasi dan berhasil sukses, menjadi perhatian tersendiri bagi Disperindagkop UMKM-PM Kota Gorontalo dengan mengadakan studi banding pekan lalu.

Kepala Disperindagkop UMKM-PM Kota Gorontalo, Drs H Irwan Hamzah MSc, mengaku membawa rombongan sebanyak 24 orang, terdiri dari 15 orang mewakili koperasi berprestasi di Kota Gorontalo, dengan tujuan untuk melihat dari dekat keberhasilan sejumlah koperasi di Kabupaten Mitra.

“Tujuan kami datang ke Kabupaten Mitra untuk melihat dari dekat dan ingin mengetahui apa saja yang membuat sejumlah koperasi di Mitra berhasil dan sukses. Bahkan informasi yang kami ketahui ada koperasi simpan pinjam yang telah melebarkan sayapnya sampai keluar daerah dan koperasi yang mengelolah arang tempurung, produksinya merambah sampai diluar Provinsi Sulut. Ini luar biasa,” kata Hamzah.

Sementara Kepala Disperindagkop UMKM Mitra, Dra Marie Makalow mengungkapkan bahwa rombongan Stuban dari Kota Gorontalo yang dipimpin Kadis Hamzah, mengunjungi 2 koperasi yang sukses di Mitra, yakni KSP Mitra Mandiri di Kelurahan Tosuraya Ratahan dan Koperasi Tani Makmur di Kecamatan Touluaan.

“Mereka mengunjungi dua koperasi ini, karena KSP Mitra Mandiri adalah salah satu koperasi binaan Pemkab Mitra yang berhasil dalam pengelolaan simpan pinjam dana. Begitu juga dengan Koperasi Tani Makmur, koperasi yang berhasil dalam pengelolaan arang tempurung,” ungkap Makalow, sembari memberi apresiasi atas kunjungan dari Disperindagkop UMKM PM Kota Gorontalo, yang mau belajar di Kabupaten Mitra.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment