Suplemen Kalsium Tidak Miliki Manfaat Bagi Orang Diatas Usia 50 Tahun

Reporter : | 07 Okt, 2015 - 3:00 pm WITA

ManadoToday – Menurut sebuah studi, seseorang yang berumur lebih dari 50 tahun, tidak akan mendapat tulang yang kuat dari makan makanan yang kaya kalsium seperti produk susu dan suplemen. Studi ini telah dipublikasikan dalam British Medical Journal dan dipublikasi secara online oleh BMJ.com.

Temuan dari studi ini mendukung saran dari pejabat kesehatan AS. Para pejabat telah mengatakan bahwa beberapa tahun mengambil suplemen kalsium tidak akan berdampak apa-apa selain membuat kesehatan bertambah buruk. Kalsium tambahan tidak membantu memperkuat tulang selain menyebabkan penyakit jantung, atau ginjal, yang menyebabkan batu ginjal.

Dr Ian Reid dari Universitas Auckland di Selandia Baru dan rekan melakukan meta-analisis. Mereka mengumpulkan semua studi berkualitas tinggi yang mereka mampu temukan dari seluruh dunia.

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berusia lebih dari 50  tahun tidak mendapatkan manfaat sama sekali dari makanan berkalsium atau suplemen kalsium. Ada kemungkinan yang sama bagi orang-orang yang mengkonsumsi suplemen dan yang tidak untuk mengalami patah tulang. Namun, menurut beberapa penelitian, orang-orang yang mengambil suplemen kalsium mungkin memiliki risiko lebih rendah; tapi, itu tidak jelas.

Menurut para peneliti, “asupan makanan berkalsium tidak terkait dengan risiko patah tulang, dan tidak ada bukti uji klinis bahwa peningkatan asupan kalsium dari sumber makanan dapat mencegah patah tulang. Bukti bahwa suplemen kalsium mencegah patah tulang lemah dan tidak konsisten”.

“Bukti berat terhadap pengobatan massal pada orang tua sekarang menarik, dan itu pasti perlu waktu untuk mempertimbangkan kembali rekomendasi kontroversial ini,” Dr. Karl Michaelsson dari Universitas Uppsala di Swedia, yang mempelajari osteoporosis, menulis dalam sebuah komentar.

“Hal ini tentu perlu waktu untuk mempertimbangkan kembali rekomendasi kontroversial ini.”

Baca Juga :

Leave a comment