Orang Tinggi Juga Beresiko Tinggi Terkena Kanker

Reporter : | 06 Okt, 2015 - 2:31 pm WITA

ManadoToday – Ini adalah berita buruk bagi siapa saja yang memiliki tinggi badan diatas rata-rata, sebuh studi menemukan bahwa semakin tinggi seseorang, semakin tinggi pula risiko kanker.

Penelitian pada lebih dari 5 juta pria dan wanita di Swedia ini, menemukan bahwa setiap tambahan tinggi empat inci badan orang dewasa, risiko kanker meningkat 18% pada wanita dan 11% pada pria.

Peneliti studi telah menegaskan bahwa perempuan lebih tinggi 20% peningkatan risiko mengembangkan kanker payudara. Setiap tinggi 4 inci pada pria dan wanita terkait dengan peningkatan resiko 30% kanker melanoma.

Bagaimanapun, perlu dicatat bahwa penelitian hanya  menunjukkan hubungan antara tinggi badan dan risiko kanker dan belum membuktikannya.

“Tinggi mungkin merupakan cerminan dari eksposur usia dini. Penelitian ini dapat memberikan jalan untuk memahami beberapa eksposur awal kehidupan, karena tinggi dewasa adalah refleksi dari genetika dan apa yang Anda alami saat tumbuh,” kata Susan Gapstur dari Amerika Cancer Society dikutip dari nycity.today.

Dalam studi tersebut, para peneliti telah meninjau informasi dari 5,5 juta orang yang lahir di Swedia antara tahun 1938 dan 1991. Kondisi kesehatan mereka dilacak mulai dari tahun 1958 atau ketika mereka 20 tahun sampai akhir 2011. Tinggi mereka berkisar antara 3 kaki 3 inci dan 7 kaki .

Peneliti utama Dr Emelie Benyi dari institur Karolinska di Stockholm, Swedia, mengatakan bahwa kanker dapat terjadi karena sejumlah alasan.

“Penelitian ini mengkonfirmasi apa yang penelitian lain temukan,” kata American Cancer Society Susan Gapstur, yang tidak terlibat dalam penelitian ini. Dia menambahkan bahwa penelitian sebelumnya juga telah menemukan hubungan antara tinggi badan dan kanker usus besar.

“Kanker timbul karena mutasi dari sel normal tunggal. Orang yang lebih besar memiliki lebih banyak sel (bukan sel besar),” katanya.

Baca Juga :

Leave a comment