Pemkab Minahasa Raih Penghargaan dari Menkeu RI

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Keberhasilan Pemkab Minahasa yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Pemerintah tahun 2014 yang lalu, mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan. Apresiasi tersebut, ditindaklanjuti dengan penyerahan penghargaan dari Menteri Keuangan RI, pada Jumat (2/10/2015) pekan lalu, di Jakarta.

Seperti diketahui, Tahun 2013 lalu Pemkab Minahasa meraih opini Tidak Wajar (TW) disaat Bupati JWS dan Wabup Ivansa masuk memimpin Kabupaten Minahasa pada 17 Maret 2013 lalu.

Setelah setahun membenahi sistim pemerintahan dan pengelolaan keuangan, Pemkab Minahasa tahun 2014 lalu BPK RI memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas Laporan Keuangan Pemkab Minahasa waktu itu.

Kini setelah 2 tahun memimpin daerah ini, dengan berbagai terobosan yang dilakukan, akhirnya Pemkab Minahasa berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP) dan meraih Piagam Penghargaan Menteri Keuangan ini.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi mengatakan, semua yang diraih itu karena pimpinan dan penyertaan Tuhan semata bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa. Disamping itu karena adanya komitmen semua pihak dalam lingkup Pemkab Minahasa yang berkomitmen melakukan perubahan dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kedepan nanti kami tetap bertekad untuk mempertahankan prestasi ini, dan akan lebih berkomitmen untuk melayani masyarakat dengan lebih baik lagi,” ungkap JWS.

Disamping prestasi WTP itu, dalam Rakornas SIPS dan KPK minggu lalu di Jakarta, Pemkab Minahasa mendapat penilaian 100 persen Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan PBJ.

Sangat ironi memang, dengan hasil penilaian yang diterima pada tahun 2013 yang lalu, dimana Pemkab Minahasa mendapat penilaian 0 persen, disaat Bupati JWS dan Wabup Ivansa baru 2 bulan memimpin Minahasa waktu itu.

Atas kerja keras jajaran Pemkab, pimpinan SKPD serta para staf yang ada, akhirnya hanya dalam 2 tahun telah berhasil merubah penilaian itu dari 0 persen menjadi 100 persen Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan, yang dinilai langsung dengan mengambil data serta testimoni oleh pihak SIPS dan KPK kepada para masyarakat Minahasa secara rahasia.

“Semua prestasi yang diraih ini wajib kami pertahankan dan harus ditingkatkan di tahun tahun selanjutnya. Semuanya hanyalah untuk masyarakat Kabupaten Minahasa tercinta ini” kata Bupati JWS.

Sebagaimana telah dilansir sebelumnya, pada Rakornas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2015 yang digelar oleh Kementerian Keuangan RI di Gedung Dhanapala Jakarta, Jumat 2/10 kemarin, Bupati JWS menerima Piagam Penghargaan Atas keberhasilan meraih opini WTP di LKPD tahun 2014 oleh Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro.

Dalam penerimaan Piagam ini, Bupati JWS didampingi oleh Inspektur Kabupaten Frits Muntu SSos, Asisten I Sekdakab Dr Denny Mangala MSi, Kaban BPK-BMD Drs Riani Suwarno, Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo SE MSi, Kabag Umum Drs Dolfie Kuron serta para Kasubag lain dalam lingkup Setdakab Minahasa menghadiri kegiatan tersebut. (rom)