Sumarsono: Raskin Untuk Masyarakat Sulut Harus Berkualitas

Launching Raskin 13 dan 14 untuk Masyarakat Miskin di Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sumarsono MDM, melakukan launching peluncuran Beras Miskin (Raskin) ke-13 dan 14 untuk masyarakat miskin yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Sulut, Jumat (2/10/2015).

Pada kesempatan itu, Sumarsono berharap supaya raskin yang disalurkan oleh Bulog Divre Sulut, adalah beras yang berkualitas.

“Tujuan pemberian raskin ini dalam rangka menjaga kelangsungan hidup dan mengurangi beban pengeluaran penduduk miskin didaerah ini,” katanya. Menurut Sumarsono lagi, guna membantu rakyat miskin di daerah ini, Pemprov Sulut telah melakukan berbagai terobosan di antaranya dengan menetapkan tambahan alokasi pagu program subsidi beras bagi maayarakat berpendapatan rendah Kabupaten/Kota se- Sulut.

“Ini telah dituangkan dalam Keputusan Gubernur Sulut nomor 241 tahun 2015 tetang penetapan tambahan alokasi pagu program subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah kabupaten/kota se Provinsi sulut tahun 2015,” jelasnya.

Lanjut Dirjen Otda Kemendagri ini, penetapan pagu subsidi beras jni dilaksanakan menunjuk pada instruksi Presiden RI nomor 8 tahun 2008 tentang kebijakan perberasan nasional serta surat Menkokesra tanggal 18 September 2015 perihal tambahan alokasi pagu Raskin ke 13 dan 14 tahun 2015.

Sementara Karo Ekonomi Sulut Jane Mendur SE mengatakan, dalam Surat Keputusan yang ditanda tangani Penjabat Gubernur Sulut Dr Sumarsono,MDM itu menetapkan tambahan alokasi pagu program subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah kabupaten/kota se-Sulut berdasar pertimbangan kondisi daerah Sulut ditetapkan sebanyak 161.089 rumah tangga sasaran dan setara 4.832.670 kg beras.

“Setiap Rumah Tangga Sasaran akan menerima tambahan alokasi raskin sebanyak 15 Kg perbulan untuk 2 bulan (Raskin 13 dan 14) dengan harga Rp. 1600/Kg di titik distribusi. Keputusan ini berlaku sejak 28 september 2015,” katanya.

Launching raskin yang ditandai penguntingan pita yang dilakukan Gubernur Sulut, disaksikan Ketua TP. PKK Sulut Ibu Tri Rachayu Sumarsono, Sekot Bitung Edison Humiang, Kepala Bulog Divre Sulut, dan para pejabat di Lingkup Pemprov Sulut. (ton)