9 Tanda yang Terjadi Pada Kaki dan Hubungannya Pada Kesehatan Anda

Reporter : | 02 Okt, 2015 - 1:32 pm WITA

ManadoToday – Kaki merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, dan perubahan yang terjadi pada kaki dapat menunjukkan beberapa masalah kesehatan. Itulah mengapa penting untuk secara teratur mengamati kaki Anda untuk mencegah masalah-masalah kesehatan yang akan terjadi.

Untuk itu simak 10 hal yang terjadi di kaki dan hubungannya dengan kesehatan kita.

1. Rambut rontok pada jari kaki
Meskipun sebagian besar wanita hanya memiliki sedikit rambut di kaki, kerontokan mungkin menunjukkan masalah pada sirkulasi. Bulu yang rontok tiba-tiba adalah tanda bahwa kaki Anda tidak mendapatkan aliran darah yang cukup untuk mempertahankan pertumbuhan rambut. Ada kemungkinan bahwa jantung tidak memompa cukup darah ke kaki Anda, jadi itu sebabnya ada baiknya untuk mengunjungi dokter dan melakukan beberapa tes.

2. Kram kaki
Kram kaki dapat menjadi tanda bahwa Anda memiliki masalah dengan sistem saraf, tetapi lebih sering dikaitkan sebagai indikator dehidrasi atau kekurangan gizi. Setiap hari, terutama saat Anda berolahraga, minum banyak cairan untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi. Juga konsumsi makanan kaya kalium, magnesium dan kalsium untuk mencegah kram kaki.

3. Luka yang tidak sembuh
Luka yang tidak sembuh dan muncul di kaki adalah tanda yang cukup jelas dari diabetes. Tingkat gula darah tinggi yang tidak dibawah kontrol untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan saraf yang mengakibatkan luka tanpa rasa sakit. Di sisi lain, luka yang tidak sembuh-sembuh bisa menjadi tanda kanker kulit. Melanoma bisa terjadi di mana saja pada tubuh, bahkan di antara jari kaki, jadi itu sebabnya Anda harus teliti memeriksa kulit Anda.

4. Kaki selalu dingin
Penyebab paling umum dari kaki dingin adalah hipotiroidisme. Jika Anda berumur lebih dari 40 tahun, Anda mungkin memiliki tiroid yang kurang aktif. Penyakit ini dapat menyebabkan rambut rontok, pusing, berat badan naik tiba-tiba, dan depresi. Lakukan tes darah untuk menentukan apakah Anda perlu pengobatan.

5 Jempol membesar
Jika Anda melihat ibu jari membesar mendadak dan berwarna merah, teriritasi dan kelihatan bengkak, Anda harus segera mencari bantuan medis. Paling sering disebabkan oleh asam urat, infeksi, arthritis atau cedera fisik.

6. Jari kaki mati rasa atau bagian dari kaki
Kaki mati rasa sering dapat menjadi tanda diabetes, alkoholisme kronis atau efek samping dari kemoterapi. Tapi jika Anda merasa mati rasa hanya pada satu kaki, maka kemungkinan ada syaraf Anda yang terlipat, sering disebabkan karena memakai sepatu yang tidak cocok bagi kaki Anda.

7. Tulang menjorok keluar
Tulang dalam hal ini adalah tuluang di samping ibu jari, ini tidak selalu karena pemakaian sepatu hak tinggi. Sebaliknya, ini dapat disebabkan kelainan genetik kaki yang diperburuk dengan mengenakan sepatu yang tidak cocok dengan Anda. Satu-satunya cara untuk menyembuhkan kondisi ini adalah operasi.

8. Kaki bersisik dan gatal
Jika kaki Anda gatal, dan kulit mengelupas, Anda mungkin terkena infeksi jamur yang dapat disembuhkan dengan krim yang tepat dan menjaga kebersihan kaki. Gatal kaki yang ‘menyenangkan’ ini bisa menjadi penyakit kulit yang dikenal sebagai psoriasis, yang harus didiagnosa oleh dokter.

9. Kuku kuning
Perubahan warna pada kuku kadang-kadang merupakan tanda penuaan, tetapi jika kuku mengelupas dan mudah pecah, maka Anda mungkin memiliki infeksi jamur yang mudah diobati dengan krim. Kekuningan ini juga bisa terjadi pada wanita yang sering memoles kuku mereka.

Baca Juga :

Leave a comment