Ivansa Ajak Warga Minahasa Aktifkan kembali “Dapur Hidup”

Reporter : | 30 Sep, 2015 - 9:42 pm WITA

Dapur Hidup, Ivansa,  Ivan Sarundajang

Ivan Sarundajang

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang (Ivansa), mengajak kepada seluruh masyarakat agar mengaktifkan kembali dapur hidup, sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan di tengah musim kemarau yang masih melanda Minahasa.

Dapur hidup menurut dia, memungkin masyarakat untuk menanam kebutuhan pokok pangan sebagai pangan alternatif. “Saya mengimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk mengaktifkan kembali dapur hidup di pekarangan rumah dengan menanam cabe, bawang merah dan bumbu masakan lainnya, mengantisipasi tersedianya bahan pangan masyarakat akibat kekeringan lahan pertanian yang melanda Minahasa,” ucap Ivansa.

Lanjutnya, dapur hidup dulu sangat di andalkan masyarakat, dan buktinya kebutuhan pangan masyarakat bisa terpenuhi, dengan tidak selalu berharap dari pasokan pertanian oleh petani. Dia katakan, dapur hidup harus di aktifkan kembali, selain itu menggalakkan masyarakat untuk kembali gemar menanam terlebih kebutuhan pangan yang di butuhkan tiap hari.

Menurut Ivansa lagi, musim kemarau telah membuat lahan pertanian menjadi kering, petani banyak mengalami gagal panen. Sementara kebutuhan pangan menjadi kebutuhan pokok yang mau tidak mau harus diadakan meski disisi lain, harga kebutuhan pokok terus melambung. “Dapur hidup menjadi alternatif yang sangat tepat dikalah kita menghadapi musim kemarau seperti ini, dengan harapan kebutuhan pangan bisa terpenuhi,” pungkasnya. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment